Project-Project Matematika Sederhana Berbasis Rumahan untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar

Main Article Content

Hery Sutarto
Isnarto Isnarto
Endang Retno Winarti
Iwan Junaedi
Dwijanto Dwijanto

Abstract

Tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan alternatif aktivitas bermatematika yang dapat dilakukan oleh guru dan siswa selama pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Aktivitas yang dimaksud adalah berupa project-project sederhana yang dapat dilakukan di rumah, baik secara individu maupun bersama dengan kedua orang tua maupun saudara sebagai team work. Kegiatan ini terlakasana dalam 2 tatap muka dan virtual dan satu kali penugasan kepada peserta. Tapap muka yang pertama dilaksanakan pada tanggal 11 September 2021 dengan pemaparan oleh tim pengabdi tentang pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning), dan contoh proyek-proyek sederhana berbasis rumahan. Setelah pertemuan tersebut, maka diberikan penugasan untuk merancang alternatif project yang dibuat oleh masing-masing peserta. Satu minggu kemudian, tepatnya tanggal 18 September 2021 dilakukan pertemuan secara daring untuk melaporkan dan memaparkan rancangan masing-masing. Peserta sebanyak 26 guru MI baik negeri maupun swasta yang ada di kota Semarang dan beberapa guru MI dari kabupaten Semarang. Pada awalnya, kegitan ini ditujukan khusus untuk guru MI kota Semarang. Tetapi, karena flyer kegiatan ini di upload di media social, beberapa guru dari luar kota semarang juga tertarik untuk mengikuti. Hasil dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatnya pengetahuan peserta tentang aktivitas bermatematika yang kreatif dan tidak membosankan bagi siswa maupun guru dengan memanfaatkan lingkungan sekitar rumah sebagai sumber belajar selama masa pandemic atau PJJ. Kegitan ini juga menghasilkan kumpulan ide project-project sederhana dari para peserta sebanyak 20. Atau sebanyak 80% dari peserta mengumpulkan project tersebut dari hasil penugasan. Kumpulan project sederhana yang dibuat oleh peserta dijadikan buku yang ber-ISBN. Simpulan dari program kegiatan PPM ini adalah terciptanya inovasi aktivitas pembelajaran sederhana yang mampu menarik minat dan keasikan siswa untuk belajar matematika meskipun secara daring. Kemampuan numerasi juga tumbuh dengan kegiatan yang dirancang melalui proyek matematika sederhana berbasis rumahan.

Article Details

How to Cite
Sutarto, H., Isnarto, I., Winarti, E., Junaedi, I., & Dwijanto, D. (2022). Project-Project Matematika Sederhana Berbasis Rumahan untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 866-873. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54809
Section
Articles

References

Afriana, Jaka. 2015. Project Based Learning (PjBL). Makalah untuk Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung
Allen, G. D. Student Thinking-Lesson 1. Misconception in mathematics. Unpublished chapter.
Clement, John, Jack Lochhead, and George S. Monk. "Translation difficulties in learning mathematics." The American Mathematical Monthly 88.4 (1981): 286-290.
Division of Teaching and Learning Office of Curriculum, Standards, and academic
Engagement. 2009. Project-Based Learning: Inspiring Middle School Students to
Engage in Deep and Active Learning. New York. http://blog.ncue.edu.tw/sys/lib/read_attach.php?id=11950 diakses 19 Januari 2019
Educational Technology Division Ministry of Education, Malaysia. Project-Based
Learning Handbook, "Educating the Millennial Learner". http://fliphtml5.com/ygry/apzb/basic, diakses 19 Januari 2019.
Depdiknas, Pusat Kurikulum Balitbang. 2006. "Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)." Jakarta: Departement Pendidikan Nasional.
Depdiknas, R. I. .2007. "Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional 2005-2009.".
Evans, Caroline W., Anne J. Leija, and Trina R. Falkner. 2001. Math links: Teaching the NCTM 2000 standards through children's literature. Libraries Unlimited.
Goodman, Brandon and Stivers, J. 2010. Project-Based Learning. Educational Psychology. ESPY 505.
Grant, M.M. 2002. Getting A Grip of Project Based Learning : Theory, Cases and Recomandation. North Carolina : Meredian A Middle School Computer Technologies. Journal Vol. 5.
Isleyen, T., & Isik, A. (2003). Conceptual and procedural learning in mathematics. Journal of the Korea Society of Mathematical Education Series D: Research in Mathematical Education, 7(2), 91-99.
Lestari, Tutik. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar menyajikan ContohContoh Ilustrasi Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Metode Pembelajaran Demonstrasi Bagi Siswa Kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah Wonosari. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Nurohman, Sabar. Pendekatan Project Based Learning Sebagai upaya Internalisasi
Scientific Method Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132309687/project-based-learning.pdf diakses 19 Januari 2019
Nurfitriyanti, Maya. 2016. Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif 6(2): 149-160.
Rezeki, Rina Dewi., dkk. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBl) Disertai dengan Peta Konsep Untuk meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Redoks Kelas x-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia(JPK), Vol. 4 No.1: 74-81.
Sobel, Max A., and Evan M. Maletsky. 2004. "Mengajar Matematika Sebuah Buku Sumber Alat Peraga, Aktivitas, dan Strategi." Untuk Guru Matematika SD, SMP, SMA. Edisi ketiga. Jakarta: Erlangga.
Van de Walle, John A., Karen S. Karp, and Jennifer M. Bay-Williams. 2007. "Elementary and middle school mathematics: Teaching developmentally.".