Abstract

Bagi kebanyakan guru, aktivitas Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) untuk kenaikan pangkat yang dianggap sulit terutama berkaitan dengan pengumpulan angka kredit dari unsur publikasi. Publikasi melalui jurnal ilmiah dapat dibuat oleh guru manakala guru menghasilkan penelitian. Penelitian yang dapat dilakukan oleh guru berupa penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kenyataannya masih ada guru-guru yang tampak kesulitan untuk menyusun PTK. Pelatihan penulisan PTK ini secara menyakinkan dapat memberikan ruang bagi guru untuk sharing mengenai permasalahan-permasalahan yang dihadapi sehingga enggan untuk menyusun PTK. Selain itu melalui pelatihan ini guru dapat secara langsung mempraktikan penyusunan outline proposal PTK yang dapat dilanjutkan secara mandiri menjadi proposal yang utuh. Pelatihan ini akan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya sehingga nantinya dapat memberikan pencerahan bagi guru dalam penulisan proposal PTK. Pengabdian ini dilaksanakan dengan menghadirkan narasumber dari tim penilai angka kredit nasional dan pakar dalam bidang penelitian tindakan kelas. Pada kesemapatan ini peserta kegiatan berasal dari Barru Sulawesi Selatan, guru-guru yang tergabung dalam MGMP IPS Kabupaten Batang dan juga diikuti oleh pengawas sekolah yang berasal dari Kalimantan Selatan dan Maluku. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan secara daring menggunakan platform zoom. Hasil dari pengabdian ini telah memberikan pemhaman yang baik kepada para peserta tekait best praktis dalam pembuatan proposal penelitian khususnya PTK. Antusias peserta begitu tinggi dilihat dari jumlah peserta, asal daerah, dan interaksi dua arah selama kegiatan berlangsung. Diakhir pengabdian ini, banyak peserta yang menginkan kembali untuk kegiatan seperti ini dilanjutkan di waktu berikutnya.