EVALUASI PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH TEKNOLOGI BETON (STUDY KASUS MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)

  • Ahmad Reza Setiawan
Keywords: Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor intern maupun ekstern. Faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan lingkungan universitas. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa hasil belajar teknologi beton mahasiswa PTB angkatan 2009-2011 UNNES masih belum optimal. Permasalahannya adalah adakah pengaruh motivasi belajar dan lingkungan universitas terhadap hasil belajar mata kuliah teknologi beton mahasiswa PTB angkatan 2009-2011 UNNES terhadap Hasil Belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan universitas terhadap hasil belajar mata kuliah teknologi beton mahasiswa PTB angkatan 2009-2011 UNNES. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa PTB angkatan 2009-2011 berjumlah 272 orang. Sampel penelitian sebanyak 70 orang. Terdapat tiga variabel penelitian, 2 variabel bebas yaitu motivasi belajar dan lingkungan universitas sedangkan 1 variabel terikat yaitu hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis regresi ganda. Data hasil penelitian diolah dengan  SPSS for windows release 21. Hasil analisis deskriptif menyatakan motivasi belajar, lingkungan universitas dan hasil belajar pada mahasiswa PTB angkatan 2009-2011 UNNES berturut-turut dalam kriteria kurang baik. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi ganda dengan hasil Ỹ = -63.284+ 0.729X1 +1.045X2. Nilai koefisiensi korelasi ganda sebesar R = 0,374 yang berarti terjadi hubungan yang sedang/cukup antara motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar. Pengujian keberatian koefisien regresi parsial dan secara bersama-sama menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan lingkungan universitas terhadap hasil belajar. Sumbangan pengaruh yang diberikan oleh motivasi belajar dan lingkungan universitas terhadap hasil belajar mata kuliah teknologi beton pada mahasiswa PTB angkatan 2009-2011 adalah sebesar 37,4%. Sedangkan 62,6% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darsono, Max. dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Pres

Dimyati.2005.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta:Depdikbud

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Djamarah,Syaiful Bahri.2002.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta:Rineka Cipta.

Ferdinand, Augusty.2005. Structural Equation Modeling. Semarang: BPPE-UNDIP.

Hamalik,Oemar.2003.Proses Belajar Mengajar.Bandung:Bumi Aksara.

Ihsan,Fuad.2003.Dasar-dasar Kependidikan.Jakarta:Rineka Cipta.

Margono.2003.Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta:Rineka Cipta

Mulyasa.2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Sarwono, Jonathan. 2006. ANALISIS DATA PENELITIAN Menggunakan SPSS. Yogyakarta : ANDI

Sardiman,A.M.2006.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta:Grafindo.

Slameto.2003.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta:Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif-Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualintatif dan R & D. Bandung: ALFABETA.

Tu’u,Tulus.2004.Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa.Jakarta:Rineka Cipta.

-----2005.Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung : Sinar Baru

-----1992.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung:Remaja Rosdakarya.

Section
Articles