PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (TGB) PADA SMK NEGERI 5 SEMARANG

  • Kukuh Budi Prasetiya
Keywords: Learned result, Learning method Numbered Head Together (NHT), mekanika is tech

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan (TGB) tahun pelajaran 2014/2015. Kelas penelitian diambil dengan menggunakan uji homogenitas dan uji normalitas yang kemudian didapat kelas X TGB 1 sebagai kelas eksperimen dan X TGB 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu dengan tes dan observasi. Pengujian H1 yaitu menggunakan uji paired sample t-test dan uji H2 menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode NHT efektif meningkatkan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai kognitif setelah perlakuan dengan metode pembelajaran NHT dilihat dari rata-rata nilai pre-test yaitu 62,78 dan post-test sebesar 79,72 pada kelas eksperimen. Selain itu menunjukkan bahwa hasil rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 79,72 lebih tinggi dibandingkan post-test kelas kontrol sebesar 76,25. Untuk nilai afektif setelah perlakuan dengan NHT menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai afektif dilihat dari rata-rata nilai afektif sebesar 62,91 menjadi sebesar 77,36 dan rata-rata nilai afektif kelas eksperimen sebesar 77,36 lebih tinggi dibandingkan nilai afektif kelas control sebesar 75,14. Sedangkan untuk nilai psikomotorik setelah perlakuan dengan NHT menunjukkan peningkatan dilihat dari rata-rata nilai psikomotorik sebesar 64,72 menjadi sebesar 77,36 dan rata-rata nilai psikomotorik kelas eksperimen 77,36 lebih tinggi dibandingkan nilai psikomotorik kelas kontrol sebesar 75,14. Dan nilai efektifitas untuk kelas eksperimen meningkat dari nilai aktifitas siswa sebesar 66,67 menjadi sebesar 83,10. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode NHT dapat  meningkatkan hasil belajar mekanika teknik yang berupa nilai kognitif, nilai afektif, nilai psikomotorik dan pembelajaran dengan menggunakan metode NHT  lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar jika dibandingkan dengan metode konvensional .Saran dari penelitian ini diharapkan agar guru lebih memotivasi siswa untuk berani maju ke depan kelas guna mengemukakan pendapat atau hasil diskusinya  mengenai materi mekanika teknik.

This research included my research experiment attention. Population in observational it is exhaustive student class X Tech Draw Building (TGB) school year 2014 / 2015. Observational class to be taken by use of homogeneity test and normality test is next to be gotten class X TGB 1 as class of experiment and X TGB 2 as class of controls. Data collecting method which is by essays and observation. H1's examination which is utilizes examine paired sample t test and H2's examine utilizes independent sample t test .  Result observationaling to point out that learning by methodics NHT effectiving to increase student activity. Result observationaling to point out that there is kognitif's point step-up after conduct by methodics NHT'S learning is seen of averagely assesses pre is test which is 62,78 and post is test  as big as 79,72 on experiment class. Besides points out that result average appreciative post is test experiment class as big as 79,72 higher than post is test class controls as big as 76,25. To assess afektif conduct afters with NHT points out that there is afektif's point step-up is seen of averagely assesses afektif as big as 62,91 as as big as 77,36 and average appreciative afektif class experiments as big as 77,36 higher than appreciative afektif class control as big as 75,14. Meanwhile for psikomotorik's point after conduct with NHT point out step-up is seen of averagely assesses psikomotorik as big as 64,72 as as big as 77,36 and average appreciative psikomotorik class experiments 77,36 higher than appreciative psikomotorik class to control as big as 75,14. And effectiveness point to class experiment worked up of appreciative student activity as big as 66,67 as as big as 83,10.  Conclusion of this research that learning by use of method NHT can increase mekanika's studying result tech that as appreciative as kognitif, afektif's point, psikomotorik's point and learning by use of method NHT more effective in increase studying result in comparison with .suggestion conventional method of this research is expected that teacher moring to motivate student for brave onward class utilisedding to interpose opinion or its discussion result hit mekanika's project tech.

References

Ahmadi, Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta : PT.Rineka Cipta.

Algifari. 2000. Analisis Regresi Teori, Kasus, dan Solusi.Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Arifin,Zaenal. 1991. Evaluasi Intruksional Prinsip, Tekhnik, Prosedur. Bandung PT.Remaja Rosdakarya.

Darmali, Arief dan Ichwan. 1979. Ilmu Gaya Teknik Sipil. Jakarta : Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.

Dimyati dan Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah,Syaiful Bahri. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta : PT.Rineka Cipta.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam . 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 19. Semarang : BP UNDIP.

Hamalik,Oemar. 2012. Psikologi Belajar&Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Hasbullah. 2001.Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan.Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Ibrahim, H. Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press.

Masnur Muslich. (2007). KTSP pembelajaran berbasis kompetensi dan komtekstual panduan bagi guru,

Section
Articles