PENGARUH MATA PELAJARAN PRODUKTIF, PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN KEADAAN EKONOMI KELUARGA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI JURUSAN BANGUNAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 4 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

  • Nurul Huda
Keywords: Readiness of students’ work, the program of work practical industry (prakerin), achievement of productive subject, economic family conditions.

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan untuk menyiapkan peserta didik agar siap bekerja di dunia industri/dunia usaha ketika lulus. Namun pada kenyataannya sebagian besar lulusan SMK masih menganggur. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh Prestasi Mata Pelajaran Produktif, Praktik Kerja Industri dan Kondisi Ekonomi Keluarga terhadap kesiapan kerja siswa kompetensi teknik gambar bangunan SMK Negeri 4 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Prestasi Mata Pelajaran Produktif, Praktik Kerja Industri dan Keadaan Ekonomi Keluarga terhadap kesiapan kerja siswa jurusan teknik gambar bangunan SMK Negeri 4 Semarang.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI kompetensi Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMK Negeri 4 Semarang berjumlah 106 siswa dan teknik sampel yang digunakan adalah proportional random sampling berjumlah 68 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.Berdasarkan analisis regresi diperoleh persamaan regresi Ý = -125.706 + 1,555 X1 + 1,049 X2 + 0,411 X3 . Kontribusi Mata Pelajaran Produktif, Praktik Kerja Industri, dan Keadaan Ekonomi Keluarga terhadap Kesiapan Kerja Siswa sebesar 52,2%. Secara parsial pengaruh prestasi Mata pelajaran Produktif terhadap kesiapan kerja sebesar 12,9%, pengaruh Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja sebesar 8,1%, dan pengaruh Keadaan Ekonomi Keluarga terhadap Kesiapan Kerja Siswa sebesar 13,9%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ada pengaruh prestasi Mata Pelajaran Produktif, Praktik Kerja Industri, dan Keadaan Ekonomi Keluarga terhadap Kesiapan Kerja Siswa kompetensi Teknik Gambar bangunan SMK Negeri 4 Semarang baik secara simultan maupun parsial.

Vocational High School (SMK) aims to prepare the students in order to be ready to work in industry/business world when graduate. However, in fact most of graduate Vocational High School still unemployed. Research Problems of the study are is there any influence of achievement the productive subject, work practical industry, and economic family conditions on the readiness of students’ work of the competence of building picture technique of SMK Negeri 4 Semarang.The aim of this study is to know the influence of achievement the productive subject, work practical industry, and economic family conditions on the readiness of students’ work of the competence of building picture technique of SMK Negeri 4 Semarang. Population of the study is class XI students of building picture technique competence (TGB) of SMK Negeri 4 Semarang which consists of 106 students. Then, this study using proportional random sampling technique which consists of 68 students and the method of collecting data used chief and documentation. Data Analysis using analysis double linear regression. Based on the analysis regression, the regression equation is Ý = -125.706 + 1,555 X1 + 1,049 X2 + 0,411 X3. The contribution of productive subject, work practical industry, and economic family conditions on the readiness of students’ work is 52, 2%. In partial, the influence of achievement the productive subject on the work readiness is 12, 9%, the influence of work practical industry on the work readiness is 8, 1 %, and the influence of economic family conditions on the students’ work readiness is 13, 9%. Based on the results of the study, it can be concluded that there are any influence of achievement productive subject, work practical industry, and economic family conditions on the readiness of students’ work of the competence of building picture technique of SMK Negeri 4 Semarang simultaneously and partially.

References

Aji Wijaya, Aziiz. (2012). Pengaruh Prestasi Mata Pelajaran K3 Dan Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Pada Siswa Kelas XI SMK Muda Patria Kalasan. (skripsi). Yogyakarta : UNY.

Depdiknas. (2004). Kurikulum SMK Edisi 2004. Jakarta : Dirjen Dikdasmen.

Gunawan, Ary. 1999. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Herminanto Sofyan. (1986). Kesiapan Kerja STM Se-Jawa untuk Memasuki Lapangan Kerja. Yogyakarta : Jurnal Pendidikan Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.

Kartini Kartono. (1991). Menyiapkan dan Memandu Karir. Jakarta : Rajawali Pers.

Muhidin, Ali. (2007). Analisis Korelasi, Regresi dan Jalur dalam Penelitian (dilengkapi aplikasi program SPSS). Bandung : Pustaka Setia.

Oemar Hamalik. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Prabawati Dwi Sulistyarini, Emi. (2012). Pengaruh Motivasi Memasuku Dunia Kerja Dan Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri I Tempel Tahun Pelajaran 2011/2012. (skripsi). Yogyakarta : UNY.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Section
Articles