Abstract

Penelitian ini bertujuan menentukan kebutuhan  pengembangan multimedia  permainan edukatif untuk pembelajaran kesiapan  membaca bagi anak-anak  usia dini; merumuskan prinsip-prinsip pengembangan; mengembangkan desain;  membuktikan keefektifan multimedia permainan edukatif tersebut dalam meningkatkan minat dan kesiapan membaca pada anak-anak usia dini; dan membuat model multimedia permainan edukatif  dalam pembelajaran kesiapan membaca untuk anak-anak usia dini. Pendekatan yang digunakan adalah Research & Development, yaitu untuk mengembangkan suatu produk melalui proses pengembangan. Data penelitian bersumber dari guru PAUD/TK, anak-kanak usia dini, dan tiga pakar dalam uji ahli. Hasil yang diperoleh adalah pemanfaatan permainan edukatif yang telah dikembangkan dalam penelitian ini sangat efektif untuk meningkatkan  kesiapan membaca pada anak-anak usia dini. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan kemampuan yang sangat signifikan sebesar 48%. Pemanfaatan model ini mampu meningkatkan minat belajar anak didik yang terbukti dengan peningkatan sebesar 41%. Model ini layak digunakan di lapangan karena dapat menjembatani permasalahan pembelajaran kesiapan membaca pada anak-anak usia dini yang selama ini menjadi perdebatan.

The objectives of this study are to (1) determine the needs,(2) formulate the principles, (3) develop the design, (4) determine the effectiveness of multimedia development in educative games to improve the interest and  reading readiness to young learners, and (5) create the model. This study used Research and Development approach. The result of the study are (1) multimedia development can improve their learning interest about 41%, (2) this multimedia development is effective to improve reading readiness of young learners. It can be seen from the increase of their abilities about 48%, and (3) this model is acceptable to be used in the classrooms since it can be an alternative solution of debatable reading problems.