EFEKTIVITAS PERSONAL SELLING DAN SALES PROMOTION DENGAN SAMPEL PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

  • Nilam Dwi Setiani Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
  • Siti Nuzulia Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
Keywords: consumen purchase decisions, personal selling and product sample

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan efektivitas metode promosi personal selling dan sales promotion berupa sampel produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini melibatkan 80 orang responden mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang didapatkan melalui teknik purposive sampling. Desain penelitian ini merupakan desain kuasi eksperimen. Pengambilan data dilakukan dengan metode angket dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data, didapatkan hasil bahwa sebanyak 19 (47,5%) responden memutuskan untuk membeli melalui personal selling, sedangkan sebanyak 27 (67,5%) responden memutuskan untuk membeli melalui pemberian sampel produk. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini pemberian sampel produk lebih efektif dalam mendorong terjadinya keputusan pembelian responden.

 

This research’s aim is to know the differences effectivity of promotion method between personal selling and sales promotion of product sample for consumen purchase decisions. This research engage 80 people of Semarang State University’s student respondent that gather with purposive sampling technique. Reseachh design is quasi experiment design. Data making is done with questionnaire method and analized with descriptive analysis. Based on data analiysis, there are 19 (47,5 %) of respondent took a decision to buy by personal selling, and 27 ( 67,5%) of respondent took a decision to buy by product sample distribution. Based on that result, it inferential that in this research, product sample distribution is more effective on encourage of respondent buying decision.

References

Amirullah. 2002. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Assauri, Sofyan. 2004. Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Boone & Kurtz. 2002. Pengantar Bisnis. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler & Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 1995. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jilid 1. Jakarta: Salemba.

Kusumadmo. 1985. Keputusan Pemasaran. Yogyakarta: Liberty

Lancaster, Geoffrey. 1990. Teknik dan Manajemen Penjualan. Jakarta: Binarupa Aksara.

Mc Daniel, L. H. 2001. Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Salemba Emban Patria.

Mc Carthy & Perrefault. 1996. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Stanton, W. J. 1978. Fundamentals Of Marketing. Bandung.

Shimp, T. A. 2000. Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Singarimbun & Effendi. 2006. Metodologi Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.

Swastha, dkk. 2000. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. 2000. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Walker, B. L. 1997. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Walker, Boyd L, 2000. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Rahman, N. C. 2010. Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tianshi Group (Studi pada Tianshi Group stokis 124 jalan Pasar Besar 104 Malang). Skripsi. Malang: Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Ferrel & Ferrel. 2007. A Framework For Personal Selling And Sales Management Ethical Decision Making. Journal of Personal Selling & Sales Management. Vol. XXVII, no. 4 (fall 2007), pp. 291–299.

Olumoko, Abass, & Dansu. 2012. The Role of Personal Selling in Enhancing.

Client Satisfaction in Nigerian Insurance Market. Journal of Emerging Trends in Economics and Management Sciences (JETEMS). Vol. 3 (2): 147-152.

Weitz, B. A. & Bradford, K. D. 1999. Personal Selling and Sales Management: A Relationship Marketing Perspective. Journal of the Academy of Marketing Science. Vol. 27, No. 2, pages 241-254.

Published
2014-10-15
Section
Articles