Abstract

Setelah hampir dua dasawarsa reformasi, Indonesia masih mengalami transisi menuju demokrasi, dalam jangka waktu hampir dua puluh tahun ini Indonesia menemukan demokratisasi secara sepenuhnya. Beberapa kemajuan yang diperoleh seperti, pemilihan umum secara langsung dan kebebasan media massa patut kita hargai. Pemilu dengan media massa tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Media massa menjadi sarana bagi sosialisasi program-program dari para calon pemimpin, sehingga diharapkan masyarakat mempunyai penilaian dan tidak salah memilih terhadap kandidat pemimpin. rekam jejak  kandidat  partai peserta pemilu dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat melalui media massa. Dewasa ini media mempunyai posisi yang paling strategis dan mempunyai senjata yang ampuh untuk  dapat mempengaruhi opini publik dan menggiring persepsi masyarakat sesuai tujuannya. Kesuksesan pemilu tidak terlepas dari peranan media dalam memberitakannya. Permasalahannya apakah media massa sudah mampu menjalankan fungsinya sebagai sarana pendidikan politik bagi rakyat Indonesia dan bagaimana peranan media massa dalam pemilu di Indonesia. Oleh karena itu keberadaan media massa dalam pemilu bagi masyarakat sangat penting yaitu menambah informasi tentang pemilu,dapat mempengaruhi perilaku seorang pemilih dan dipilih sehingga akan berdampak pada kondisi iklim politik di Indonesia.


 


After almost two decades of reform, Indonesia is still experiencing a transition to democracy, in almost twenty years Indonesia has found full democratization. Some of the progress that has been gained, such as direct elections and the freedom of mass media, should be appreciated. Elections with mass media cannot be separated from each other. Mass media is a means for the dissemination of programs from prospective leaders, so that the community is expected to have an assessment and not to choose the candidate leader. track record of candidates participating in the election can be easily accessed by the public through mass media. Today the media has the most strategic position and has powerful weapons to influence public opinion and lead people's perceptions according to their goals. The success of the election is inseparable from the role of the media in reporting it. The problem is whether the mass media has been able to carry out its functions as a means of political education for the people of Indonesia and how the role of mass media in elections in Indonesia. Therefore the existence of mass media in elections for the community is very important, namely adding information about elections, can influence the behavior of a voter and be chosen so that it will have an impact on the conditions of the political climate in Indonesia.