Hy-Game (Honesty Game) Sebagai Media Pembelajaran Anti Korupsi Untuk Anak-Anak

  • Malik Akbar Mulki Rahman Fakultas Hukum, Universitas Negeri Semarang
  • Muhammad Hisyam Asror Universitas Negeri Semarang
Keywords: Korupsi, Game, Teknologi, Anak-anak

Abstract

Korupsi  merupakan perbuatan yang tidak terpuji karena dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, menurut KPK korupsi di negara indonesia ditahun 2018 mengalami penuruan yaitu 29.8 persen dari 38,2 persen. Meskipun mengalami penuruan kita tetap harus mencegah terjadinya korupsi agar mennjadikan negara indonesia menjadi lebih baik. Untuk mencegah terjadinya korupsi kita bisa menerapkan nilai-nilai budaya anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari diantaranya nilai  kejujuran, adil, berani, hidup sederhana, tanggung jawab, disiplin, kerja keras, hemat dan mandiri. Nilai-nilai tersebut dapat kita terapkan sebagai acuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari supaya pekerjaan yang kita lakukan bermanfaat  dan berkah, selain menerapkan nilai-nilai tersebut kita bisa melakuakan usaha preventif terhadap budaya korupsi kepada anak-anak sebagai generasi penerus masa depan dengan memanfaatkan teknologi, di era modern saat ini kita telah dimudahkan oleh kecanggihan teknologi untuk melakukan aktivitas sehingga kita dapat memanfaatkannya untuk hal-hal yang positif dengan cara mengembangkan permainan anti korupsi yang terintegrasi dengan gadget sehingga melalui media ini dapat mencegah terjadinya budaya korupsi  untuk generasi yang akan datang.

References

(Fakultas et al., 2016)Fakultas, K. et al. (2016) ‘Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Game Simulasi Artikel Ilmiah Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga’.

Risbiyantoro, M. (2005) ‘Peranan Mahasiswa Dalam Memerangi Korupsi’, Modul Sosialisasi Anti Korupsi BPKP, (31). Available at: http://www.bpkp.go.id/public/upload/unit/investigasi/files/Gambar/PDF/peranan_mahasiswa.pdf.

(Dr.Mudzakkir, S.H, 2005)Dr.Mudzakkir, S.H, M. . (2005) ‘Pemberantasan Korupsi’.
Ridwan (2014) ‘UPAYA PENCEGAHAN TINDAK PIDANA KORUPSI MELALUI PERAN SERTA MASYARAKAT THE EFFORTS OF CORRUPTION PRVENTION THROUGH COMMUNITY PARTICIPATION Oleh: Ridwan *)’, Jurnal Ilmu Hukum, (64), pp. 385–399. Available at: http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/kanun/article/viewFile/6037/4975.
(Astuti, 2014)Astuti, I. (2014) ‘Politik Hukum Undang-Undang Pemberantasan Korupsi’, Forum Ilmu Sosial, 41(2), pp. 169–183. Available at: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/FIS/article/view/5384/4309%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/FIS.
Dwiyono (2017) ‘Game Media Pembelajaran Interaktif Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Penggunaan Peralatan Tangan ( Hand’, vol.7 NO.(2), pp. 343–351.
(Sujalwo and Sukirman, 2017)Sujalwo and Sukirman (2017) ‘Pengembangan Game Berbasis Komputer sebagai Media Pembelajaran IPA Terpadu Kelas VIII SMP’, Manajemen Pendidikan, 12(No. 2), pp. 239–247.
Published
2019-06-19
How to Cite
Rahman, M. A., & Asror, M. H. (2019). Hy-Game (Honesty Game) Sebagai Media Pembelajaran Anti Korupsi Untuk Anak-Anak. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 5(01), 17-22. https://doi.org/10.15294/snh.v5i01.29711