Fungsi Forum Ar-Robithoh Sebagai Pengelola Remitan Pada Keluarga Warteg Jakarta Di Desa Sidakaton Kecamatan Dukuh turi Kabupaten Tegal

  • Nurma Tristanti
  • Rini Iswari

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk 1) Mengetahui alasan masyarakat Desa Sidakaton bekerja sebagai pedagang warteg di Jakarta, 2) Mengetahui fungsi Forum Ar-Robithoh dalam penyaluran remitan ekonomi ke keluarga warteg di Desa Sidakaton. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yautu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Masyarakat Desa Sidakaton bekerja sebagai pedagang warteg di Jakarta karena lingkungan yang banyak menjadi pedagang warteg, salah satunya orang tua. Kebutuhan akan sekolah anak serta pendapatan yang kurang dari pekerjaan sebelumnya juga membuat masyarakat tertarik membuka usaha warteg di Jakarta, 2) Forum Ar-Robithoh sebagai lembaga sekunder membantu pedagang warteg mengirimkan remitan hanya dengan cara menghubungi agen penyalur remitan yang ada di desa melalui telepon. Jasa penyaluran remitan mempermudah pengiriman uang ke desa karena pedagang warteg tidak harus mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk mengirim. Biaya administrasi yang diterapkan forum tidak memengaruhi pedagang warteg dalam menggunakan jasa penyaluran remitan dari forum.

This article aims to 1) to know the reason of the society of Sidakaton village to work as a warteg trader in Jakarta, 2) to know the function of Ar-Robithoh Forum in distributing economic remittance to warteg family in Sidakaton Village. The method in this research is qualitative. Technique of collecting data in this research yautu with observation, interview and documentation. The results of this study indicate that 1) Society of Sidakaton Village works as a warteg trader in Jakarta because of the many neighborhoods becoming warteg traders, one of them parents. The need for children's schools and less income from previous jobs also made people interested in establishing a warteg business in Jakarta, 2) Ar-Robithoh Forum as a secondary institution assisting warteg traders to send remittances by simply contacting the remittance dealer in the village by telephone. Remittance service makes it easy to send money to the village because the warteg traders do not have to spend money in advance to send. Administration fees applied by forums do not affect warteg traders in using remittance services from forums.

Published
2019-01-03
Section
Articles