KEBIJAKAN SEMU: SEBUAH ANALISIS TENTANG IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN KELOMPOK BELAJAR (KEJAR) PAKET C WIDYA WIYATA MANDALA DI PKBM PRATAMA KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG

  • Intan Ayu Kinasih
Keywords: Education of Equality, Kejar Paket C, Implementation of the Program

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan program pendidikan kesetaraan Kejar Paket C Widya Wiyata Mandala di PKBM Pratama Kecamatan Batang Kabupaten Batang, yang dalam penerapannya memunculkan penyimpangan-penyimpangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskriptif mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk penyimpangan dilakukan oleh oknum warga belajar dan alumni Kejar Paket C untuk memperoleh ijazah dalam rangka mewujudkan kepentingan pencapaian status sosial yang lebih tinggi dan mobilitas sosial vertikal. Penyimpangan yang terjadi dalam penerapan Kejar Paket C di Widya Wiyata Mandala merupakan hasil pemberian cap dari konstruksi masyarakat mengenai stigma Kejar Paket C yang dianggap sebagai wujud pendidikan dengan kualitas rendah dan sumber segala kecurangan. Upaya untuk membenahi pelaksanaan terbentur oleh pemberian cap yang sudah terlanjur langgeng mengenai stigma yang keliru.

References

Ahmadi, Dadi dan H, Aliyah Nur’aini. 2005. Teori Penjulukan. Mediator. V6. N2. Hal 297-301.

http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/1209/739.

Becker, Howard S. 1963. Outsiders: Studies in The Sociology of Deviance. New York: The Free Press.

Depdiknas. 2006. Acuan Proses Pelaksanaan dan Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Program Paket A, Paket B dan Paket C. Jakarta: Direktorat Pendidikan Kesetaraan Dirjen PLS Depdiknas.

Direktorat Pendidikan Kesetaraan, Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. 2010. Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Penyelenggaran Pendidikan Kesetaraan Program Paket C. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Egbezor, Daniel Elemchukwu dan Okanezi Bright. 2008. Non-Formal Education as a Tool to Human Resource Development: An Assessment. International Journal of Scientific Research in Education. V1. N1. Hal 26-40. http://www.ijsre.com/Vol1Issue1-Egbezor&Okanezi.pdf.

Miles, Matthew B dan A Michael Huberman.1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI PRESS.

Moleong, Lexy J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Rosdakarya.

Narwoko, J. Dwi dan Bagong Suyanto. 2006. Sosiologi: Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ritzer, George dan Goodman, Douglas J. 2011. Teori Sosiologi Modern Edisi Keenam. Terjemahan Alimandan. Jakarta: Kencana.

Schaefer, Richard T. 2005. Sociology Ninth Edition. New York: The McGraw-Hill Companies.

Winata, I Nyoman Mursa. 2012. Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan Program Paket C (Setara SMA) di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)â€Widya Sentana†Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2011/2012. Tesis. Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Zakiyyah, Aini. 2008. Efektivitas Pelaksanaan Program Kejar Paket C Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Sederajat Di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Malang. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri (UIN).

Published
2015-06-29
Section
Articles