ETOS BUDAYA KERJA PEDAGANG ETNIS TIONGHOA DI PASAR SEMAWIS SEMARANG

  • Fitri Amalia
Keywords: cultural work ethos, chinese ethnic, semawis market

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk membahas etos budaya kerja pedagang etnis Tionghoa di pasar Semawis Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasi, wawancara mendalan dan dokumentasi. Validitas data penelitian ini diperoleh dengan triangulasi sumber.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan interactive analysis models dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etos budaya kerja yang dimiliki pedagang etnis Tionghoa terdapat enam etos kerja diantaranya; kerja keras, hemat (hidup sederhana), disiplin, jujur, kemandirian dan profit oriented. Terbentuknya etos budaya kerja disebabkan oleh faktor kekerabatan, faktor tradisi atau adat-istiadat serta faktor ilmu pengetahuan. Faktor kekerabatan; berguna sebagai melanjutkan usaha keluarga dari generasi ke generasi selanjutnya, faktor budaya; sebagai kebiasaan pedagang Tionghoa yang sudah melekat dalam usaha perdagangan yang memiliki prinsip “buka awal tutup akhirâ€, faktor ilmu pengetahuan; latar belakang pendidikan dan kemauan untuk belajar. Etos budaya kerja pedagang etnis Tionghoa berimplikasi terhadap kehidupan bagi pedagang etnis Tionghoa dalam bidang ekonomi dan sosial-budaya. Implikasi bidang ekonomi; memberikan kesejahteraan bagi keadaan ekonomi keluarga, menumbuhkan orientasi masa depan di bidang ekonomi sedangkan implikasi bidang sosial budaya; sebagai eksistensi budaya, memperkuat solidaritas dan semakin mengokohkan identitas atau jatidiri.

This research goal is to learn about culture work ethos of Chinese ethnic merchants in Semarang, Semawis market. Research method used in this research is qualitative research method. Procedures for collecting data done with participation observation, deep interview, and documentation. This research data validity can be taken by triangulation of the source. Data analysis in this research use interactive analysis models with steps of collecting data, reducing data, presenting data, and getting conclusion or verification. The results of this research show that culture work ethos that had by Chinese ethnic merchants is there are six work ethos, like : workhard, economical (simple life), discipline, honest, autonomous and profit oriented. The formation of cultural work ethos caused by kinship factor, tradition or mores factor and knowledge factor. Tradition factor, used as for continuing family trade from generation to next generation. Culture work, as a habitual of Chinese ethnic merchants that have sticked in commercial effort that have a principle “early open end closeâ€, knowledge factor for education background and willingness to study.  Culture work ethos of Chinese ethnic merchants have implication in their life on economic and social-culture field. Economic implication; give prosperity for family economic situation, grow future orientation in economic field meanwhile in social-culture field, as culture existence, reinforce solidarity and give strength in identity more than more.

 

References

Arifin, Ferian. 2014. Rahasia Sukses Bisnis Orang Cina dan Korea (Membongkar Falsafah, Etika, Strategi, Konsep Dan Resep Menguasai Perdagangan Dunia). Yogyakarta: ARASKA

Chan, Javihn dan Jean Lee. Chinese Entrepreneurship: A Study in Singapore. Journal of Management Development. Vol.17 ISS 2 pp 131-141http://dx.doi.org/10.1108/09534819810242761(diakses pada 2 Mei 2015)

Koenjaraningrat. 2006. Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Rosdakarya.

_____________. 2006. Pengantar Ilmu Antropologi. Bandung: Rosdakarya

Li, Peter S. Chinese Investment and Business in Canada: Ethnic Entrepeneurship Reconsidered. Jounal of Pacific Affairs. Vol. 66 No.2 pp. 299-243.http://www.jstor.org/stable/2759368 (diakses pada 2 Mei 2015)

Salim, Agus. 2006. Stratifikasi Etnik (Kajian Mikro Sosiologi Interaksi etnis Jawa dan Cina. Semarang: Tiara Wacana.

Seng, Ann Wan. 2006. Rahasia Bisnis Orang China (Kunci Sukses Menguasai Perdagangan). Jakarta: Noura Books

Suryadinata, Leo. 2002. Negara dan Etnis Tionghoa. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Weber, Max. 2006. Etika Protestan dan Spirit of Kapitalism. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusuf, Muhammad Sulthoni. Etika Bisnis Komunitas Tionghoa Muslim Yogyakarta (Kajian Atas Etos Kerja Kungfusionis Dalam Perspektif Islam). RELIGIA VOL.14. No.1http://download.portalgaruda.org/ (diakses pada 4 April 2014)

Published
2015-06-29
Section
Articles