Penanaman Etika pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sosiologi di MAN Kota Magelang

  • Diana Amalia Husna
  • Totok Rochana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui bentuk-bentuk etika peserta didik. 2) Mengetahui cara penanaman etika pada peserta didik. 3) Mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam penanaman etika pada peserta didik MAN Kota Magelang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bentuk-bentuk etika yang ditanamkan pada peserta didik melalui pembelajaran Sosiologi yaitu menghormati dan menghargai orang lain, berpakaian yang sopan dan ucapan terima kasih. 2) cara penanaman etika pada peserta didik ada beberapa kategori yang dapat dilakukan oleh seorang guru, yaitu menanamkan pada saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), ditanamkan setiap saat dikehidupan sehari-hari, dan menerapkan 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun), yang mana telah dijadikan sebagai program sekolah yang ditujukan kepada seluruh warga sekolah. 3) kendala yang dihadapi guru dalam penanaman etika diantaranya adalah karakter dan sifat peserta didik yang beragam, selain itu masa kelas X adalah masa peralihan yang mana peserta didik masih dalam proses peralihan dari masa SMP ke masa SMA.

Published
2022-11-01
Section
Articles