Pendampingan Orangtua Pada Anak Dalam Memanfaatkan Media Internet Di Era Pembelajaran Daring (Studi Kasus : Orangtua Berpendidikan Tinggi di Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat)

  • Siti Arofah
  • Nurul Fatimah

Abstract

Di era yang semakin maju media internet telah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat, termasuk anak-anak ikut memanfaatkan media internet. Oleh karena itu, peran pendampingan orangtua sangat diperlukan bagi anak-anak, Tujuan dari penelitian ini yakni: (1) mengetahui pemanfaatan media internet pada anak di era pembelajaran daring, (2) mengetahui pengetahuan orangtua dalam memanfaatkan media internet, (3) mengetahui strategi pendampingan orangtua pada anak dalam memanfaatkan media internet di era pembelajaran daring di Desa Lerep. Peneliti memanfaatkan konsep pengendalian sosial dan pembelajaran daring untuk menganalisis penelitian yang dibuat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menjelaskan bahwa (1) anak-anak dari usia SD hingga SMP memanfaatkan media internet sebagai media komunikasi, media hiburan, dan media pembelajaran di era pembelajaran daring. (2) orangtua berpendidikan tinggi di Desa Lerep telah mengetahui media internet sejak awal kemunculan media internet di Indonesia dan media internet dimanfaatkan sebagai media informasi, media komunikasi, dan media hiburan . (3) cara pendampingan orangtua pada anak SD dan SMP di Desa Lerep memiliki sedikit perbedaan dalam intensitas pendampingannya, namun strategi pendampingan orangtua pada anak untuk mencegah adanya dampak negatif dari media internet memiliki kesamaan.

 

Published
2022-11-04
Section
Articles