Author Guidelines

Sutasoma: Jurnal Sastra Jawa secara terbuka menerima naskah artikel ilmiah hasil penelitian di bidang sastra Jawa, budaya dan kearifan lokal Jawa, linguistiK Jawa, dan filologi atau pernaskahan Jawa. Naskah ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia dan terlebih dahulu akan direview oleh dewan redaksi. Naskah yang diusulkan harus merupakan hasil penelitian dan atau pengembangan yang bersifat asli, serta melampirkan pernyataan bahwa belum pernah dipublikasikan di penerbitan lain.

Naskah

Naskah ditulis dalam bahasa Inggris atau Indonesia. Naskah akan ditinjau terlebih dahulu oleh dewan redaksi. Naskah harus dikirimkan dalam file dokumen Word (.doc) atau file Rich Text Format (.rtf). Naskah terdiri dari 3000-5000 kata, diketik dengan baik dalam dua kolom pada kertas ukuran A4, menggunakan 10 pt Calisto MT. Naskah berisi karya asli dan memilik kontribusi pada kemajuan ilmiah.

 

Naskah harus berisi bagian berikut secara berurutan:

A. Judul

Judul bahasa Indonesia/Inggris: komprehensif, jelas dan singkat. Judul dibatasi tidak lebih dari 15 kata      termasuk spasi. Penulisan kapital di setiap kata. Judul artikel, judul bagian, dan subbagian dicetak tebal.

B. Nama Penulis

Nama lengkap tanpa gelar dan jabatan, huruf kapital setiap awal kata tanpa menggunakan kata oleh. Tuliskan semua nama penulis dengan memberikan angka sesuai dengan urutan.

C. Afiliasi untuk setiap penulis

Nama penulis harus disertai dengan alamat afiliasi lengkap dan alamat email (Coressponding Author) khusus untuk penulis pertama.

D. Abstrak

Ditulis secara singkat dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam satu paragraf 150-200 kata, berisi latar belakang, tujuan penelitian, metodologi, hasil, kesimpulan penelitian, dan implikasi penelitian. Jika artikel dalam bahasa Inggris, maka abstrak cukup dalam bahasa Inggris saja.

E. Kata Kunci

Di bawah abstrak dicantumkan kata-kata kunci maksimal lima kata atau frasa tanpa diakhiri tanda titik. Kata-kata kunci harus mencerminkan konsep penting yang ada di dalam artikel.

F. Pendahuluan

Pendahuluan menjelaskan latar belakang, menjelaskan fenomena permasalahan aktual yang diteliti, pentingnya penelitian, tinjauan pustaka singkat yang berhubungan langsung dengan penelitian atau temuan sebelumnya yang perlu dikembangkan, inovasi atau kebaruan dalam penelitian. Pendahuluan diakhiri dengan paragraf tujuan penelitian ditulis tanpa subbab. Semua yang dikutip atau dirujuk harus dituliskan dalam daftar Pustaka. Pendahuluan disajikan dalam bentuk paragraf kurang lebih 1000 kata.

G. Metode Penelitian

Metode berisi mengenai macam atau sifat penelitian, sumber data, data, teknik pengumpulan data yang digunakan, instrumen pengumpulan data, prosedur pengumpulan data, dan metode analisis data.

H. Hasil dan Pembahasan

Disajikan dalam subbab-subbab tidak lebih dari tiga level dan tanpa menggunakan nomor, menyajikan dan membahas secara jelas pokok bahasan dengan mengacu pada masalah dan tujuan penulisan; tabel, grafik, gambar, dan/atau foto (jika ada) diberi nomor, judul, dan keterangan lengkap serta dikutip dalam teks. Tabel, grafik, gambar, dan/atau foto diberi nomor sesuai dengan urutan kemunculannya. Data berupa gambar atau tabel hendaknya merupakan data yang sudah diolah. Pencantuman tabel atau gambar yang terlalu panjang (lebih dari 1 halaman) sebaiknya dihindari. Tabel dan gambar harus jelas terbaca dan dapat dicetak dengan baik karena naskah akan dicetak dalam format warna hitam putih (bagi penulis yang menginginkan bukti cetak). Pencantuman tabel atau data yang terlalu panjang (lebih dari satu halaman) sebaiknya dihindari. Perujukan, pengutipan, atau pencantuman gambar, tabel, dan sebagainya menggunakan penomoran, bukan dengan kata-kata “sebagai berikut”, “seperti di bawah ini”, dan sebagainya. Contoh: “Struktur penulisan judul berita pada kolom sastra harian Kompas disajikan dalam tabel 4”. Gambar, tabel, grafik, foto harus diletakkan sedekat mungkin dengan teks yang berhubungan. Tabel hanya menggunakan garis horisontal atau meminimalkan penggunaan garis vertikal. Setiap kolom tabel harus diberi tajuk atau heading. Hasil penelitian dibahas untuk menjawab rumusan masalah, tujuan, dan hipotesis penelitian. Sangat disarankan agar pembahasan difokuskan pada mengapa dan bagaimana temuan penelitian dapat terjadi dan untuk memperluas di mana temuan penelitian dapat diterapkan pada masalah lain yang relevan.

I. Simpulan

Simpulan harus menjawab permasalahan yang dirumuskan dan tujuan penelitian. Simpulan bukan ringkasan dan bukan pula tulisan ulang dari pembahasan. Disajikan dalam satu paragraf tanpa bentuk ekspresi numerik.

J. Ucapan Terima Kasih (tidak wajib)

Kontributor yang tidak disebutkan sebagai penulis dapat dituliskan. Kontribusi khusus harus dijelaskan. Sumber pendanaan untuk penelitian harus dijelaskan, baik pemberi dana penelitian maupun jumlah hibah (jika ada).

K. Referensi

Naskah ditulis menggunakan aplikasi kutipan standar (Mendeley/Endnote/Zotero). Gaya referensi APA (American Psychological Association). Kutipan artikel yang ditulis oleh dua penulis, kedua penulis harus disebutkan, namun untuk tiga penulis dan lebih hanya penulis pertama yang disebutkan diikuti oleh dkk., misalnya Rahayu & Sudarsono (2015), Subekti dkk. (2014). Serangkaian referensi harus disajikan dalam urutan tanggal (Retnoningsih et al., 2005; Indriyanti et al., 2007; Rahayuningsih, 2010). Publikasi yang berbeda dengan pengarang dan tahun yang sama akan disajikan secara terpisah, sebagai berikut 2013a, 2013b. Referensi data yang tidak dipublikasikan dan komunikasi pribadi tidak boleh muncul dalam daftar tetapi harus dikutip dalam teks saja (mis., Rifai MA 2015, pers. com. (komunikasi pribadi); Indriyanti DR 2014, data tidak dipublikasikan). Dalam daftar pustaka, referensi harus dicantumkan dalam urutan abjad. Pustaka yang diacu hendaknya 80% merupakan sumber primer dan berasal dari hasil-hasil penelitian, gagasan, teori/konsep yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah. Acuan yang dirujuk merupakan hasil publikasi terbaru (up to date) yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir.