PENDIDIKAN KEBANGSAAN DALAM ILMU DAN LAKU JAWA AJARAN R.M.P. SOSROKARTONO

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ithafur Rahman

Abstract

Salah satu ajaran dalam dunia sastra Jawa yang menghadirkan aneka macam asosiasi dan konotasi adalah teks Ilmu dan Laku Jawa Ajaran R.M.P. Sosrokartono. Teks Ilmu dan Laku Jawa Ajaran R.M.P. Sosrokartono dapat dikatakan sebuah karya sastra karena ajarannya bersifat ambiguitas, homonim, tidak beraturan dan irrasional. Bahasa yang dipakai dalam ajaran Sosrokartono juga bersifat konotatif dan referensial serta memiliki fungsi ekspresif untuk menunjukkan nada dan sikap pembicara. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah bentuk dan makna filosofis Ilmu dan Laku Jawa Ajaran R.M.P. Sosrokartono dan (2) pendidikan kebangsaan apa sajakah yang muncul dari makna filosofis Ilmu dan laku Jawa Ajaran R.M.P. Sosrokartono? Berkaitan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perihal bentuk dan makna filosofis, serta pendidikan kebangsaan Ilmu dan Laku Jawa Ajaran R.M.P. Sosrokartono. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi dengan menggunakan metode dialektika.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rahman, I. (2013). PENDIDIKAN KEBANGSAAN DALAM ILMU DAN LAKU JAWA AJARAN R.M.P. SOSROKARTONO. Sutasoma : Jurnal Sastra Jawa, 2(1). https://doi.org/10.15294/sutasoma.v2i1.2535