Perluasan dan Penyempitan Makna Kata Bahasa Jawa dalam Cerkak-Cerkak Panjebar Semangat

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Akhil Bashiroh

Abstract

Perluasan dan penyempitan makna kata yang terdapat dalam cerkak-cerkak pada majalah Panjebar Semangat  yang diambil secara acak yang dikaji menggunakan teori perubahan akna khususnya meluas dan menyempit. Masalah dalam penelitian ini yaitu:  (1) bagaimana bentuk kata yang mengalai perluasan makna,(2) bagaimana bentuk kata yang mengalami penyempitan makna, (3) dan apa saja faktor yang memengaruhi perubahan makna. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kata yang mengalami perluasan dan penyempitan makna dalam cerkak-cerkak Panjebar Semangat serta faktor yang mempengaruhinya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan teoretis dan metodologis. Teknik analisis data menggunakan analisis konten. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat kata yang mengalami perluasan makna mengalaim penyempitan makna. Data diambil dari cerkak-cerkak Panjebar semangat terbitan tahun 2015 yang dipilih secara acak.


Expansion  and contraction of the meaning of words contained in the magazine cerkak-cerkak Panjebar Semangat drawn at random were studied using the theory of change akna especially extends and retracts. The problem in this research are: (1) how to form words that are seen extension of meaning, (2) to find how tenses narrowing of meaning, (3) and any factors that affect the change of meaning. The purpose of this study was to describe the form of words that undergo expansion and constriction of meaning in cerkak-cerkak Panjebar Semangat and the factors that influence it. The approach used is a theoretical and methodological approaches. Data were analyzed using content analysis. The results of this study there were undergoing expansion and meaning narrowing of meaning. Data taken from cerkak-cerkak Panjebar Semangat  of publications in 2015 were selected randomly.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Bashiroh, A. (2016). Perluasan dan Penyempitan Makna Kata Bahasa Jawa dalam Cerkak-Cerkak Panjebar Semangat. Sutasoma : Jurnal Sastra Jawa, 4(2). https://doi.org/10.15294/sutasoma.v4i2.29011