PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI GERAK TUMBUHAN

  • Agus Setiowati Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Sri Ngabekti Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Enni Suwarsi Rahayu Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229

Abstract

Hasil belajar ranah kognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Semarang tahun ajaran 2014/2015 pada materi gerak tumbuhan belum mencapai ketuntasan klasikal. Hal ini disebabkan bahan ajar yang digunakan belum menuntun siswa untuk menemukan konsep, melainkan hanya memberi konsep. Oleh karena itu, diperlukan adanya model pembelajaran dan bahan ajar yang dapat meningkatkan pemahaman konsep yang mengukur hasil belajar kognitif. Masalah tersebut dapat diatasi dengan pembelajaran menggunakan LKS berbasis guided inquiry pada materi gerak tumbuhan. Penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang dimodifikasi. Uji coba skala kecil dilakukan menggunakan 15 siswa yang diambil dengan teknik stratified sampling, sedangkan uji coba skala besar menggunakan 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKS masuk kriteria valid. Penggunaan LKS dikatakan efektif karena hasil belajar kognitif menunjukkan 94,4% siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal. Penggunaan LKS dikatakan praktis karena respon guru mencapai 75% masuk kategori praktis, sedangkan tanggapan siswa mencapai 80,5% masuk dalam kategori sangat praktis, 16,7% masuk dalam kategori praktis, dan 2,8% masuk dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis guided inquiry valid, efektif dan praktis digunakan pada pembelajaran materi gerak tumbuhan.

The results of cognitive learning eighth grade students of SMP Negeri 8 Semarang academic year 2014/2015 on a motion of plant material has not reached the classical completeness. This is due to the teaching materials used do not lead students to discover concepts, but only to give the concept. Therefore, it is necessary to have a model of learning and teaching materials to enhance the understanding of the concept that measures the cognitive learning. The problem can be overcome by learning to use the LKS-based guided inquiry in motion plant material. This research is the Research and Development (R & D) is modified. Small-scale trials conducted using 15 students drawn by stratified sampling, whereas large-scale trial using 36 students. The results showed that the development of LKS qualify as valid. Use of LKS is said to be effective for cognitive learning results showed 94.4% of pupils achieving the expected classical completeness. Use of LKS say practical because the response of teachers to achieve 75% categorized as practical, while the responses of students reached 80.5% in the category very practical, 16.7% in the category of practical, and 2.8% in the category enough. Based on the above results, it can be concluded that the LKS based guided inquiry valid., effective and practical to use learning materials plant motion.

Published
2017-08-29
Section
Articles