PENGEMBANGAN ELECTRIC TORSO PADA PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH UNTUK SMP

  • Karunia Galih Permadani Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Supriyanto Supriyanto Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Aditya Marianti Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Keywords: Circulation of blood’s system Development Electric torso, Student facilitator and explaining method

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses pengembangan, untuk menghasilkan dan menguji kelayakan Electric Torso materi Sistem Peredaran Darah menurut pakar media dan materi serta penggunaan dalam pembelajaran di SMP. Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Kandangan di kelas VIII-E dan VIII-F. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan desain penelitian One Shot Case Study. Data yang dikumpulkan berupa data ketersediaan media pembelajaran, hasil wawancara guru tentang media pembelajaran yang telah digunakan, tanggapan guru, tanggapan siswa, validasi alat peraga dari dosen ahli materi dan media, motivasi siswa dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian pengembangan Electric Torso dihasilkan Electric Torso yang layak digunakan menurut pakar media, materi dan layak digunakan dalam pembelajaran dipadukan dengan metode Student Facilitator and Explaining karena hasil belajar siswa mencapai ketuntasan individual dan klasikal, motivasi siswa memenuhi kriteria tinggi, dan angket penggunaan siswa memenuhi kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Electric Torso yang dikembangkan efektif dan dapat diterapkan dalam pembelajaran.

 

Purpose of this study was to know how process of Electric Torso’s development, to know the result and to determine the feasibility of Electric Torso in Junior High School. The research was conducted at  SMPN 1Kandangan at class VIII-E and VIII-F. The sampling was conducted by purposive sampling technique in One Shot Case Study design. Data was collected from the form of accesibility of learning media,the result of teacher’s interviewr, teacher’s comment, student’s comment, validation result of Electric Torso from validator, student’s  motivation and thr result study of  students. The result of this study were the proper Electric Torso from validator, the proper learning materials combine with Student Facilitator and Explaining’s method because the result of student’s study reach the individual and classical completeness, the high criteria in student’s motivation, and the high criteria in the use of student’s form. The conclusion of this research was the effective Electric Torso could be applied in  the study of biology.

References

Ali M. 1992. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa

Dinbakir. 2009. Media Pembelajaran. Online at edukasi.kompasiana.com/2009/12/18/media-pembelajaran.html [diakses tanggal 4 Januari 2012]

Erman. 2011. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Budaya 1 (1) : 7-8

Fatah AY. 2008. Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. Malang: UINMalang Press

Juliantara, K. 2009. Media Pembelajaran: Arti, Posisi, Fungsi, Klasifikasi dan Karakteristiknya. Online at edukasi.kompasiana.com/2009/12/18/media-pembelajaranarti-posisi-fungsi-klasifikasi-dan-karakteristiknya.html [diakses tanggal 4 Januari 2012]

Junaidi W. 2009. Belajar, Sumber Belajar dan Media Pembelajaran. Online at http://wawan-junaidi.wordpress.com/2009/06/belajar-sumber-belajar-dan-media.html [diakses tanggal 4 Januari 2012]

Moedjiono. 1992. Media Pendidikan III : Cara Pembukaan Media Pendidikan. Jakarta: P3G. Departemen Pendidikan Nasional

Richardson R. 2008. Humanoid Upper Torso Complexity for Displaying Gesture. International Journal of Humanoid 1 [1] : 26-28

Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Tella S. 1999. The Concept of Media Education Revisited: From a Classificatory Analysis to a Rhizomatic Overview. Journal of Media Education Publication (8): 85-143

Published
2012-11-05
Section
Articles