KEEFEKTIFAN MEDIA SPESIMEN DENGAN METODE TWO STAY-TWO STRAY PADA MATERI ARTHROPODA

  • Lia Retnaningsih Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Bambang Priyono Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Margareta Rahayuningsih Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Keywords: Arthropoda, Specimen’s medium, Two Stay-Two Stray methods

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media spesimen dengan metode TS-TS pada sub materi Arthropoda di SMA Negeri Jumapolo Karanganyar. Penelitian ini menggunakan desain one shot case study. Subyek  dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X  SMA Negeri Jumapolo Karanganyar, sampel yang digunakan adalah kelas X.3 dan X.4, pengambilan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data keaktifan siswa diperoleh dengan lembar observasi keaktifan  (pengamatan dan diskusi), data hasil belajar menggunakan tes tertulis berupa multiple choise pada akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa pada kategori aktif dan sangat aktif mencapai 96,97% di kelas X.3 dan 97,6% di kelas X.4. Hasil belajar siswa di kelas X.3 secara klasikal 93,93% dan 91,17% di kelas X.4. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penggunaan media spesimen dengan metode TS-TS pada sub materi Arthropoda efektif digunakan sebagai media dan metode belajar di SMA Negeri Jumapolo Karangayar.

 

The objective of this study was to determine the effectiveness of the specimen media integrated in two stray two stay (TS-TS) methods of teaching on Arthropods at the public senior highschool  SMA Jumapolo Karangayar. This study used one-shot case study design. The subjects in this study was grade X students, X.3 and X.4 students,collected by a purposive sampling technique. Data were collected by the student activity sheet, observation sheets (observation and discussion), and  a written multiple choice tests at the end of lesson.The result showed that 96,9 %  of students from class X3 were involved in active to very active process of learning as well as  97,6%  students from class X.4. Learning  achievements of students from class X.3 was 93,9% and 91,1% for class X.4. It was concluded that the use of  spesimen medium in the method of  teaching TS-TS  on  Arthropoda was an effective learning materials

 

References

Balcioglu HA, Kokten G & Guven Y. 2010. Future Perpectives of Anatomy in Dental Education: Quovadis?.International Journal of Morphology 28(1): 71-73.

Djamarah, SB dan Azain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Donald MJ, George W & Timothy D. 2011. Hands-on activities versus worksheets in reinforcing

physical science principles: Effects student achievement and attitude. International Jurnal of Agricultural education 30(3). 13-14.

Lie A. 2007. Mempraktikan Cooperatif learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Manzilatusita, U. 2007. Pemberian motivasi guru dalam pembelajaran. Jurnal pendidikan dan budaya Educare 5(1): 1-5.

Supriatna D. 2009. Pengenalan Media Pembelajaran. On line at http://www.download pdf.co.uk/pdf/jurnal-media-pembelajaran.html .

Widodo A, U Samarno, M Nurjhani, R riandi. 2007. Peranan lesson study dalam peningkatan kemampuan mengajar mahasiswa calon guru. Jurnal Varindika. 19(1):15-28.

Published
2012-12-05
Section
Articles