Lembaran Kerja Mahasiswa Berbasis Mastery Learning yang Praktis dan Efektif Pada Mata Kuliah Genetika

  • Ruth Rize Paas Megahati Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumbar
  • Febri Yanti Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumbar
  • Diana Susanti Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumbar

Abstract

Genetika merupakan salah satu mata kuliah Keilmuan dan Keterampilan dalam bidang Biologi dan
merupakan mata kuliah wajib di program studi pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumbar Padang.
Konsep-konsep genetika sulit dipahami mahasiswa. Selama perkuliahan mahasiswa hanya
mengharapkan informasi dari dosen padahal fasilitas perpustakaan dan wifi sudah tersedia.
Mahasiswa tidak mampu menyelesaikan soal-soal genetika yang lebih banyak membahas soal-soal
hitungan layaknya matematika. Selama ini belum tersedia lembar kerja mahasiswa yang memadai.
Akibatnya proses belajar tuntas (Mastery learning) tidak terlaksana dan hasil belajar mahasiswa masih
rendah pada mata kuliah genetika. Tujuan penelitian ini mengembangkan lembar kerja mahasiswa
berbasis Mastery learning pada mata kuliah genetika yang praktis dan efektif. Jenis penelitian ini,
penelitian pengembangan dengan menggunakan 4-D models. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif yang mendeskripsikan hasil uji kepraktisan dan keefektifan lembar kerja
mahasiswa berbasis Mastery learning. Hasil uji kepraktisan lembar kerja mahasiswa berbasis Mastery
learning pada mata kuliah genetika berada pada kriteria 80,33% dan 80,14% yang berarti lembar kerja
mahasiswa ini praktis digunakan oleh dosen dan mahasiswa. Lembar kerja mahasiswa berbasis
Mastery learning efektif karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa.
Kesimpulan penelitian ini adalah lembar kerja mahasiswa berbasis Mastery learning pada mata kuliah
genetika dinyatakan praktis dan efektif.

 

Genetics is one of the subjects that must be followed by students in Biology study programe. Generally
students do not like the genetic subject because of genetics concepts difficult to understand and the
unavailability of a practical student worksheets. Consequently, the complete learning process (Mastery
learning) is not fulfilled and low student learning outcomes. The aim of this study develops student
worksheets based on Mastery learning that practical in genetic subject. This research is a research and
development using 4-D models. The data analysis technique used is descriptive analysis that describes
the results of the practicalities of student worksheets based on Mastery learning by students and lecturers
of genetic subject. The result is the student worksheets based on Mastery learning on genetics subject are
to the criteria of 80,33% and 80,14%, which means that the students worksheets practical used by
lecturers and students. Student worksheet based on Mastery learning effective because it can increase the
activity and student learning outcomes. The conclusion of this study is student worksheets based on
Mastery learning in the subject of genetics otherwise practical and effective.

Published
2017-11-19
Section
Articles