PENERAPAN INVESTIGASI KELOMPOK BERBANTUAN MULTIMEDIA MATERI IDENTIFIKASI BAKTERI

  • Nina Kholina Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Tyas Agung Pribadi Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Saiful Ridlo Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Keywords: bacteria identification, group investigation, multimedia, vocational school

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan apakah penerapan model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan multimedia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi identifikasi bakteri di SMK N 1 Kalibagor. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK N 1 Kalibagor, sedangkan sampelnya yaitu siswa kelas I A MP dan I ATP. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one shot case study, sedangkan analisis data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ≥ 80% siswa aktif dan sangat aktif  dalam pembelajaran dan ketuntasan hasil belajar klasikal siswa kelas I AMP dan 1 ATP lebih besar dari pembelajaran sebelumnya yang tidak menerapkan pembelajaran investigasi kelompok berbantuan multimedia, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan multimedia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi identifikasi bakteri di SMK N 1 Kalibagor Kabupaten Banyumas.

 

 

Abstract

___________________________________________________________________

The purpose of this study was to find out whether the application of the multimedia-assisted group investigation learning model affected  student’s activity and learning results on Bacteria learning materials at State Vocational School 1 Kalibagor. The population in this study was all X grade students of State Vocational School 1 Kalibagor, while the samples were I A MP and I ATP students. The research design used was one shot case study, while its data analyses were improved by triangulation. The result of the study showed that more than  80% students  were classified as very active and active in their learning and the achievement of classical learning result of I AMP students and 1 ATP students were higher than that of  the class without the multimedia-assisted group investigation learning model. It could  be concluded that the application of multimedia-assisted group investigation learning model brought a significant effect on student’s activity and learning result on  Bacteria Identification  learning materials at  State Vocational School 1 Kalibagor, Banyumas District.

Author Biographies

Nina Kholina, Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Tyas Agung Pribadi, Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Saiful Ridlo, Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Bachri BS. 2010. Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. 10(1)

Ekayanti NW, Puspawati DA, Surata SPK. 2011. Upaya Peningkatan Ketrampilan Sosial dalam Ekoliterasi Ketahanan Hayati melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Kelompok Investigasi Pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Semester III Tahun Akademik 2008/2009. Jurnal Santiaji Pendidikan 1(1): 14-21

Hobri&Susanto. 2006. Penerapan pendekatan cooperatif learning model group investigation untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III SLTPN Jember tentang volume Tabung. Jurnal Pendidikan Dasar. 7(2): 74-78

Macaulay M. 2003. The Effect of Multimedia on Learning in Third World Children. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia. 12(2): 185-198.

Nasution. 2009. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Pashler H, Daniel MM, Rohrer D, Bjork R. 2008. Learning style: concept and evidence. Journal of The Associationfor Psicological Science 9 (3): 106-119

Rustaman NY, Soendjojo D, Suroso A, Yusmani A, Ruchji S & Mimin N. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Pendidikan Biologi UPI.

Saguni F. 2006. Prinsip-prinsip Kognitif Pembelajaran Multimedia: Peran Modality dan Contiguity Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. INSAN. 8(3):147-157

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: PT.Tarsito.

Sukiniarti. 2006. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Mahasiswa di Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan. 7(1): 12-18. On line at http://ml.scribd.com/doc/93769393/02-sukiniarti [diakses tanggal 24 Juli 2012]

Zakaria E & Zanaton. 2007. Promoting Cooperative Learning in Mathematics. Journal of Science and Technology Education, 3 (1) : 35-59. On line at http://www.ejmste.com/v3nI/EJMSTEv3nI_Zakaria&Iksan.pdf [diakses tanggal 13 September 2012]

Published
2013-05-29
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)