PENGEMBANGAN GAME EDUKASI VISUAL NOVEL BERBASIS PEMBANGUNAN KARAKTER PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN

  • Arif Rahman Hikam Gedung D6 Lt.1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
  • Nana Kariada Gedung D6 Lt.1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
  • Kukuh Santosa Gedung D6 Lt.1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
Keywords: Visual Novel Education Game, Character building

Abstract

This research aims to development and test the feasibility of visual novel education game based on character building using the environment preservation study material. Visual novel education game is titled "Arif Si Anak Peduli Lingkunganâ€. In this research, the media will be explored, developed by experts and tested through two stages, namely the stage of small-scale testing and large-scale testing. Subject of small-scale trials are one class and the subject of large-scale trials that are 2 classes in SMA N 1 Kajen. Data obtained from the feasibility media pieces by the expert appraisal and response sheet and student teachers. Data obtained from the media effectiveness of student learning outcomes. The data concerned the students' character value obtained from observation and tests of character. The results of the feasibility analysis show that media worthy media, expert assessment of media and material experts scored 2.69 and 2.75 which shows a very decent criteria. Teachers and 100% of students to respond to the criteria very well and good. Analysis is studying the results showed 80.95% of students obtain the learning outcomes above KKM (≥ 80). The results of the analysis of the character of students shows that students have a high scores character​​. It was concluded that the media developed is feasible as a learning media in high school.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan mediagame edukasi visual novel berbasis pembangunan karakter pada materi pelestarain lingkungan. Game edukasi visual novel ini berjudul “Arif Si Anak peduli Lingkunganâ€. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Dalam penelitian ini media yang dikembangkanditelaah oleh pakar dan diuji cobakan melalui 2 tahap, yaitu tahap uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Subjek uji coba skala kecil yaitu 1 kelas dan subjek uji coba skala besar yaitu 2 kelas dilakukan di SMA N 1 Kajen Kabupaten Pekalongan. Data kelayakan media diperoleh dari lembar penilaian kelayakan oleh pakar dan lembar tanggapan guru dan siswa. Data keefektifan media diperoleh dari hasil belajar siswa. Data nilai karakter peduli lingkungan siswa diperoleh dari observasi dan tes karakter. Hasil analisis kelayakan media menunjukan bahwa media layak, penilaian dari ahli media dan ahli materi memperoleh nilai 2,69 dan 2,75 yang menunjukan kriteria sangat layak. Guru dan 100% siswa memberikan tanggapan dengan kriteria sangat baik dan baik. Analasis hasil belajar menunjukan 80,95% siswa memperoleh hasil belajar diatas KKM (≥80). Hasil analisis karakter siswa menunjukan siswa memiliki nilai karakter yang tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah media yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMA.

Author Biographies

Arif Rahman Hikam, Gedung D6 Lt.1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia 
Nana Kariada, Gedung D6 Lt.1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia 
Kukuh Santosa, Gedung D6 Lt.1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia 

References

Ariani N & Haryanto D. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta : Prestasi Pustakaraya

Arsyad A. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hasebrook J & Gremm M. 1999. Multimedia for vocational guide : Effects of Individualized Testing, Videos and photography on Acceptance and recall. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia. 8 (4) : 37-400. Tersedia di http://go.editlib.org/ [diakses 13 Maret 2012]

Gentile D.A. & David A. Walsh. 2004. The effects of violent video game habits on adolescent hostility, aggressive behaviors, and school performance. Journal of Adolescence 27: 5–22. online. Tersedia di http: www.elsevier.com/ [diakses 4 Februari 2012]

Irianto E S. 2008. Penerapan Pembelajaran Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Bagi Siswa Kelas VIII SMP N 1 Rembang Tahun Pelajaran 2007/2008.Widyatama vol. 6, No. 1 hal : 31-32.

Lepiyanto A. 2011. Membangun Karakter Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Bioedukasi Volume 2. Hal : 73-80.

Tersedia di http://ummetro.ac.id/ [diakses 5 September 2012]

Setyosari P S. 2005. Multimedia Pembelajaran. Malang : Elang Press

Sugiyono. 2006. Metode penelitian Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wahono R. S. 2006. Aspek dan Kriteria Penelitian Media Pembelajaran. Online. Tersedia di http//romisatriawahono.net/[diakses 08 Januari 2012].

Published
2013-04-05
Section
Articles