PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS CERITA BERGAMBAR MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMP

  • Wulandari - Gedung D6 Lt.1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
  • Priyantini Widiyaningrum Gedung D6 Lt.1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
  • Andin Irsadi Gedung D6 Lt.1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
Keywords: Digestive system material, Pictorial story, Student Job Sheet

Abstract

The purpose of this research is  developing and knowing effectivity of basis Student Work Sheet with pictorial story in  system material of digestive at Junior High School of YPE Semarang. This research method which used is Research and Development method, and big try out of scale is using One Shot Case Study. The subject of research for product try out is student of VIII A and VIII B grade. The result of research is showing estimation from media expert 77,08% and material expert is 83,30% with really reasonable categories. The Positive respons student is toward using development student work sheet is showing 100% with classical completeness reached 87% on KKM 70. So, can be concluded develop of Student Job Sheet (LKS) with pictorial story basis is reasonable used and effective in digestive system material learning.

 

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji keefektifan perangkat Lembar Kerja Siswa berbasis cerita bergambar pada materi sistem pencernaan di SMP YPE Semarang. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan research and development, dan uji keefektifan produk pada skala luas digunakan rancangan One Shot Case Study. Subjek penelitian untuk uji coba produk adalah siswa kelas VIII A dan VIII B SMP YPE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian hasil pengembangan LKS berbasis cerita bergambar oleh pakar media 77,08% dan pakar materi 83,30% dengan kategori sangat layak. Tanggapan positif siswa terhadap penggunaan hasil pengembangan LKS mencapai 100%, dan berdasarkan uji coba pemakaian LKS mencapai ketuntasan klasikal 87% pada KKM 70. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis cerita bergambar layak digunakan dan efektif diterapkan pada pembelajaran materi sistem pencernaan.

Author Biographies

Wulandari -, Gedung D6 Lt.1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229

Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia

Priyantini Widiyaningrum, Gedung D6 Lt.1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Andin Irsadi, Gedung D6 Lt.1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia

References

Aleixo P & C Norris. 2007. Comics, reading and primary aged children . Journal of education and health 25 (4): 70-73.

Anni CT. & Riva’i A. 2009. Psikologi pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Arsyad. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Jatmiko, Agung. 2012. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition ) disertai media komik biologi untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pelajaran biologi pada siswa kelas VII A SMP Negeri 14 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012.

[Kemendiknas]. Kementrian Pendidikan Nasional.2010. Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Menengah Atas.

Listyani I M & Widayanti A. 2012. Pengembangan komik sebagai media pembelajaran akuntansi pada kompetensi dasar persamaan dasar akuntansi untuk siswa SMA kelas XI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 10 (2): 80-94

Mediawati, Elis. 2011. Pembelajaran akuntansi keuangan melalui media komik untuk meningkatkan prestasi mahasiswa. Jurnal penelitian pendidikan. 12 (1) : 68-76

Mirzandani. 2012. Meningkatkan kemampuan membaca kata melalui media teka teki silang bergambar bagi anak tunagrahita ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 1 (2) : 306-317

Morrison TG, Bryan G, & Chilcoat GW. 2002. Using student-generated comic books in the classroom. Journal of adult literacy 45 (8): 758-767.

Nurshiyam. 2011. Peningkatan keterampilan membaca teks exposition melalui strategi motivasional ARCS menggunakan crossword puzzle pada sisiwa kelas VIII. 3 SMP N 1 Slawi. Jurnal pendidikan dasar. 1 (3): 1-11

Ozmen H & Yildirim N. 2005. Effect Of Work Sheets on students success: Acids and Bases Sample. Journal of Turkish Science Education 2 (2) : 10-11.

Sudjana, N & Rivai, A. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surjanti, J & Heni Musfidah. 2008. Pengembangan LKS dengan media ilustrasi komik untuk meningkatkatkan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan ekonomi. 1 (2) : 128-136

Tim [MGMP]. Musyawarah Guru Mata Pelajaran. 2011. LKS IPA Biologi. Semarang. Sarana Ilmu.

Tatalovic M. 2009. Science comics as tools for science education and communication: a brief, exploratory study, Journal of Science Communication 8(4) http://jcom.sissa.it/ [diunduh tanggal 20 Februari 2012].

Wahyuningsih A. N. 2011. Pengembangan media komik bergambar materi sistem saraf untuk pembelajaran yang menggunakan strategi PQ4R. Jurnal PP. 1 (2) : 102-110

Waluyanto, H.D. 2005. Komik sebagai media komunikasi visual pembelajaran. Jurnal nirmana. 7 (1) 45-55

Published
2013-12-05
Section
Articles