PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK MULTIMEDIA BOOK PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP

  • Tri Prayitno Wibowo Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Sri Mulyani Endang Susilowati Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Nur Kusuma Dewi Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Keywords: Learning Outcome, Multimedia Book, Organisational system of life

Abstract

Electronic School Book (BSE) developed by the government has not integrated multimedia contentinto the book. The development of today's technology supports multimedia content for insertion into an electronic book. This is a development research with the aim to develop and determine the feasibility of multimedia book to be used as teaching material. The effectiveness of multimedia book was tested through experiment using a pretest-posttest design study group to see its effect on learning outcomes and student activities. The study population in the trial product was the whole class VII as much as 8 classes (VII A - VII H) SMP 1 Jati. Sample research on small-scale trials by 10 students was determined by purposive sampling technique. Four classes (VII E - VII H) with a total of 138 students were used as experimental samples. The results showed that the multimedia book was suitable as teaching material. Student activities related to the use of multimedia book was high. Improved learning outcomes (gain score) was calculated based on the difference between the value of the posttest and the pretest value. Gain scores achieved by all students was 0.70 (high). Statistically, right-tailed t test confirmed that the student gain scores greater than or equal to the average gain of the benchmark scores of 0.7 (high).

Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang telah dikembangkan oleh pemerintah belum mengintegrasikan konten multimedia ke dalam buku. Perkembangan teknologi saat ini mendukung untuk penyisipan konten multimedia ke dalam buku elektronik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan multimedia book yang dapat digunakan sebagai bahan ajar. Keefektifan multimedia book diuji melalui eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest group untuk melihat pengaruhnya terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Populasi penelitian pada uji coba produk yaitu seluruh siswa kelas VII sebanyak 8 kelas (VII A- VII H) SMP 1 Jati. Sampel penelitian pada uji coba skala kecil sebanyak 10 siswa ditentukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian pada uji coba skala besar diambil menggunakan teknik purposive cluster sampling menghasilkan 4 kelas (VII E – VII H) sebanyak 138 siswa sebagai sampel eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia book sangat layak. Aktivitas siswa berkaitan dengan penggunaan multimedia book tergolong tinggi. Peningkatan hasil belajar (skor gain) dihitung berdasarkan selisih nilai posttest dengan nilai pretest. Skor gain yang dicapai oleh seluruh siswa sebesar 0,70 (tinggi). Secara statistik dengan uji t pihak kanan menegaskan bahwa skor gain siswa lebih dari atau sama dengan rata-rata acuan skor gain 0,7 (tinggi).

Author Biographies

Tri Prayitno Wibowo, Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229

Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Sri Mulyani Endang Susilowati, Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229

Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Nur Kusuma Dewi, Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229

Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Aedo, I. & Monica L. 2003. Digital contents for education. Journal of Educational Technology and Society 6 (4), 2003

Anggriawan, D.B., Aries B., & Rusiyanto. 2008. Pengaruh suasana kegiatan belajar mengajar terhadap prestasi belajar pada mata diklat motor bensin. JPTM Vol.8, No.2, Desember 2008 (66-70)

Anni, C.T., & Rifa’i, A. 2009. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Press.

Anuradha, K.T &Usha H. S. 2006. Use of e-books in an academic and research environment: a case study from the Indian Institute of Science. Online at http://eprints.iisc.ernet.in/5890/1/ebook1-final.pdf [diakses tanggal 3 April 2013]

Brȕnken, R., Jan L. P.& Detlev L. 2003. Direct Measurement of Cognitive Load in Multimedia Learning. Educational Psychologist, 38(1), 53–61

[BSNP] Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: BSNP

Desi. 2009. Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 10 Palembang. Laporan Penelitian. FKIP Universitas Sriwijaya

Enkaningrum, T. 2011. Pengembangan buku sekolah elektronik berbasis multimedia sebagai sumber belajar kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan kelas X. EJPTI 1 Volume 1 Nomor 2, Oktober Tahun 2012

Firman, M. & Indra D. 2010. Pertumbuhan PC Indonesia Terbesar di Dunia. Vivanews. 11 Juni 2010. Online at http://teknologi.news.vivanews.co.id/[diakses tanggal 7 Februari 2013]

Hake, R. R. 1996. Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American. Journal of Physics. 66 (1), January 1998

Hamdu, G & Lisa A. 2011. Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap pestasi belajar ipa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1, April 2011

Hasibuan, M. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Intana, L. 2012. Tahun Ini Pengguna Smartphone Naik 3 Kali Lipat. SWAMedia Group. 6 Juni 2012 Online at http://swa.co.id/technology/tahun-ini-pengguna-smartphone-naik-3-kali-lipat[diakses tanggal 7 Februari 2013]

[KEMENDIKBUD] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Modul disampaikan dalam Forum Seminar Nasional Pendidikan Dalam Bulan Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Unnes Tahun 2013. Semarang, 18 Mei 2013

Mayer, R. E. 2001. Multimedia Learning: Prinsip-Prinsip dan Aplikasi. Terjemahan Bravoto Tavip Indrojarwo, 2009. Cetakan 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Novana, T. 2012. Pengembangan multimedia interaktif berbahasa inggris materi vertebrata sebagai suplemen pembelajarandi SMA. UJBE 1 (1) 2012

Perdana, D. M. B. 2013. Pengembangan buku digital interaktif (BUDIN) Berbasis adobe creative suite pada materi Genetika di smk (Skripsi). Semarang: Unnes

[PERMENDIKNAS] Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. 2005. Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Depdiknas

Restiyowati, I&Sanjaya, I. G. M. 2012.Pengembangan e-book interaktifpadamateri Kimia semester genapkelas XI SMA. Unesa Journal of Chemical Education Vol. 1, No. 1, pp. 130-135 June 2012

Ristanti, S. 2011. Pengaruh motivasi belajar siswa dengan menggunakan media visual terhadap hasil belajar biologi materi pokok organisasi kehidupan siswa kelas vii MTsN Karangawen tahun ajaran 2010/2011 (Skripsi). Semarang. IAIN Walisongo

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Edisi 6 cetakan 3. Bandung: TARSITO

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarmidi, C. 2006. Iklim Kelas dan Prestasi Belajar. Medan: USU

Wahono, R. S. 2006. Aspek dan kriteria penilaian media pembelajaran. 21 Juni 2006 Online at http://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspek-dan-kriteria-penilaian-media-pembelajaran/ [diakses tanggal 7 April 2013]

Wahyudin. 2010. Keefektifan pembelajaran berbantuan multimedia menggunakan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8 (2010) 58-62

Published
2014-04-01
Section
Articles