PEMANFAATAN JEJARING SOSIAL TWITTER SEBAGAI SELF ASSESSMENT ONLINE UNTUK MENDUKUNG KESIAPAN SISWA PADA PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN

  • Mighfar Khamida Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
  • Ely Rudyatmi Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
  • Wulan Christijanti Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Keywords: Accelerated Learning, learning achievement, MASTER, puzzle, student activity

Abstract


Abstract

___________________________________________________________________________________

The purpose of this study is to know the relationship between twitter as online self assessment to student readiness in digestive system learning. This study is pre experimental research with one shot case study design. The population all of student VIIIth class in SMP 1 & 2 Pekalongan.  Sample determined by purposive sampling. Number of sample are 120 students, consist of 2 classes from SMP N 1 and 2 class from SMP N 2 pekalongan. Research data in the form of online self assessment, final score, score in digestive system practicum, student respond, and teacher respond. Relationship between online self assessment to student readiness in digestive system learning is analyzed by pearson correlation testin p= 0.0001. Student and teacher respond are collected by questionnaires and interviews. Result of this study showed that between online self assessment and final score have a significant correlation with r= 0,868. There is a significant correlation between self assessment and assessment practicum report by student with r= 0,964. Self assessment and assessment practicum report by techer showed by r = 0,919. Student and teacher showed good respond with twitter as online self assessment. The resume of this study is twitter as online self assessment can support student readiness in digestive system learning.

 

Abstrak

___________________________________________________________________________________

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemanfataan jejaring sosial twitter sebagai self assessment online terhadap kesiapan siswa dalam pembelajaran sistem pencernaan. Penelitian ini merupakan penelitian Pre Eksperimental dengan design one-shot case study design. Populasi Penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 dan 2 Pekalongan. Sampel ditentukan secara purposive sample. Jumlah sampel 120 siswa, terdiri dari 2 kelas  SMP N 1 dan 2 kelas SMP N 2 Pekalongan. Data penelitian berupa self assessment online, nilai akhir, nilai laporan praktikum sistem pencernaan, tanggapan siswa dan tanggapan guru. Hubungan self assessment online terhadap kesiapan siswa dalam pembelajaran sistem pencernaan dianalisis menggunakan uji korelasi pearson pada  p= 0,0001. Tanggapan siswa dan guru ditentukan menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,self assessment dan nilai akhir memiliki hubungan yang signifikan dengan r = 0,868. Terdapat  hubungan yang signifikan antara self assessment dan  penilaian laporan praktikum oleh siswa dengan r = 0,964.  Self assessment dan penilaian laporan praktikum oleh guru ditunjukkan dengan r = 0,919. Tanggapan siswa dan guru terhadap pemanfaatan jejaring sosial twitter sebagai self assessment online sangat baik dan positif. Simpulan penelitian ini adalah pemanfaatan jejaring sosial twitter sebagai self assessment online dapat mendukung kesiapan siswa dalam pembelajaran sistem pencernaan.

.

 

 

 

 

 

Author Biographies

Mighfar Khamida, Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Ely Rudyatmi, Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Wulan Christijanti, Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia

References

Al-Smadi, M. 2008.“Past Present and Future of e- Assessment:†Toward a Flexible e- Assessment systemâ€.Journal Conference ICL. 26, 1-8.

Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hasanah, E. 2006.Penggunaan self assessment untuk mengungkap penguasaan siswa pada konsep reproduksi (Skripsi).Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Meilani, A. 2007.Penggunaan self assessment untuk mengungkap pemahaman konsep siswa pada pembelajaran sistem koordinasi (Skripsi).Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

[MGMP Biologi] Musyawarah Guru Mata Pelajaran Biologi. 2010. Laporan Praktikum Sebagai Karya Ilmiah. Jakarta

Rustaman, N. 2005.Strategi Belajar Mengajar Biologi.Bandung :Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka cipta.

Soejanto, A. 1991.Bimbingan Kearah Belajar yang Sukses. Jakarta : Rineka Cipta.

Spiller, D. 2009.Assessment Matters: Self Assessment and Peer Assessment. Japan : The University Of WAIKATO.

Wulan, A.R. 2007. Pengertian dan Esensi Konsep Evaluasi, Asesmen, Tes, dan Pengukuran.On line at http://file.upi.edu /direktori/fpmipa/ jurpend_biologi/anaratnawulan/pengertianasesmen.pdf [diakses tanggal 7 Februari 2013].

Yumiasih, N. 2009.Penerapan peer dan self assessment untuk mengungkap konstribusi siswa pada proyek kelompok pembuatan sistem koloid.(Skripsi).Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Published
2014-08-01
Section
Articles