PENGEMBANGAN BUKLET BERBASIS PENELITIAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI PENCEMARAN LINGKINGAN DI SMA

  • Mutia Imtihana Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
  • F. Putut Martin H.B Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
  • Bambang Priyono Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Keywords: booklet, learning resources, environmental pollution

Abstract

 

Abstract

Bookletbased research can be made as learning resources because its helping students to understand the material with its simple form and the experiment result. Bookletbased research is a conventional learning model with the use of scientific journal based interactive.The objective of the study was to know the importance of booklet development, how to developing and the effectiveness in learning process. The type of study was Research and Development (R&D). The data were detemined from development booklet requirement by teacher, the feasibility validation of booklet based research by validator, student’s responses, and the last was student’s achievement in kognitive and affective. The teacher gives positive feedback with the booklet development as learning resources. The result of booklet based research feasibility which was determined from the expert could be said very suitable with the average score 91,5%. Student’s completeness achievement with the score ≥80 in application trial reached 93,5%. The score 92,5% showed positive student’s response about this booklet and 88% for the affective score. Based on this study, it can be concluded that the developing of booklet is necessary, booklet based research was very suitable to be applied in learning process of environmental pollution material; and it also proved the effectiveness of this method by student’s achievement.

 

Abstrak

___________________________________________________________________

Buklet berbasis penelitian dapat dijadikan sumber belajar karena bentuknya sederhana serta menyediakan data akurat yang dapat membantu siswa memahami konsep materi. Buklet berbasis penelitian merupakan sebuah model pembelajaran konvensional dengan pemanfaatan jurnal ilmiah yang bersifat interaktif. Tujuan pengembangan adalah untuk mengetahui pentingnya, cara pengembangan serta efektivitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) melalui tahapan identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan menghasilkan produk final. Data yang diambil adalah kebutuhan pengembangan buklet oleh guru, kelayakan buklet yang divalidasi validator, tanggapan siswa mengenai kelayakan buklet dan hasil belajar kognitif dan afektif siswa. Hasil penelitian diketahui bahwa guru memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan buklet. Hasil penilaian kelayakan buklet dari pakar materi dan media memperoleh skor rata-rata 91,5% dengan kriteria sangat layak. Ketuntasan hasil belajar siswa dengan nilai ≥80 pada uji coba pemakaian 93,5%. Siswa memberikan tanggapan yang sangat layak ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata sebesar 92,5% dan perolehan nilai afektif mencapai 88%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buklet dikembangkan berdasarkan angket kebutuhan oleh guru dan observasi awal pada siswa, buklet dikembangkan dengan penambahan jurnal ilmiah, dan buklet efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan.

 


Author Biographies

Mutia Imtihana, Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
F. Putut Martin H.B, Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Bambang Priyono, Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia

References

Citrawathi DM, Putu BA, & Siti M. 2009. Analisis kebutuhan dalam pengembangan buklet edukatif tematik (bet) untuk pendidikan kesehatan sd. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 42(3) : 187-195.

Ghazali PL. 2009. Pengembangan buklet sebagai media pendidikan kesehatan reproduksi pada remaja tuna netra. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan. 1(1)

Kasrina, et al. 2012. Ragam jenis mikroalga di air tawar kelurahan bentiring permai kota bengkulu sebagai alternatif sumber belajar biologi SMA. Jurnal Exacta. 10 : 36-44.

Majid. 2009. Perencanaan Pembelajaran; Mengembangkan Standar Kompetenesi Guru. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Martin R, S Colleen, T Franklin & J Gerlovich. 2005. Teaching Science for All Children: Inquiry Methods for Constructing Understanding. USA : Pearson.

Mayer RE. 2009. Multimedia Learning. Indrojarwo, Baroto. Tavip (Ed). Multimedia Learning Prinsip-Prinsip Dan Aplikasi. Surabaya: ITS Press.

Nur, F. 2012. Pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran sains kelas v sd pada pokok bahasan makhluk hidup dan proses kehidupan. Jurnal Penelitian Pendidikan. 13(1): 67-78.

Nurseto T. 2011. Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. 1(4): 19-35.

Pramono SE. 2013. Pengelolaan Materi Pelajaran Sejarah menurut Kurikulum 2013. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Pembelajaran Sejarah pada Kurikulum 2013. Universitas Negeri Semarang. Semarang 8 November 2013.

Setiawan IGAN. 2008. Penerapan pengajaran kontekstual berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas x2 sma laboratorium singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 2(1) : 42-59.

Sianipar S. 2010. Hubungan antara pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dan komunikasi interpersonal dengan hasil belajar sosiologi siswa kelas x sma swasta se kecamatan sunggal. Jurnal Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana UNIMED :1-12.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryaman, M. 2006. Dimensi-dimensi Kontekstual di dalam Penulisan Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Wardani, NS. 2012. Pengaruh pendidikan karakter pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas iii sd. Dalam: Seminar Nasional Pengembangan Pendidikan. Semarang. Hlm 509-521.

Published
2014-08-01
Section
Articles