PENERAPAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN MATERI KELANGSUNGAN HIDUP MAKHLUK HIDUP DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR DI SMP NEGERI 2 BRANGSONG KENDAL

  • Riskawati Yuanita Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
  • Nugroho Edi Kartijono Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
  • Sumadi Sumadi Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Keywords: Group investigation, survival of living material, JAS approach

Abstract

 

Abstrak

___________________________________________________________________

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan menerapkan model investigasi kelompok pada materi kelangsungan hidup makhluk hidup dengan pendekatan jelajah alam sekitar di SMP N 2 Brangsong Kendal. Penelitian ini menggunakan desain one shot case study. Sampel yang digunakan adalah kelas IXc dan IXd, pengambilan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran yang tergolong dalam kategori aktif dan sangat aktif pada kelas IXc pertemuan I, II, dan III adalah 82,9%, 85,8%, dan 88,6%. Sedangkan pada kelas IXd adalah 97,1% pada pertemuan I dan II, pada pertemuan III semua siswa termasuk dalam kategori aktif dan sangat aktif. Seluruh siswa telah mencapai KKM dan lebih dari 85% siswa hasil belajarnya optimal ( nilai hasil belajar >75). Secara umum, pembelajaran yang dilakukan guru sudah terlaksana sesuai RPP (kinerja guru sangat baik), sementara itu tanggapan siswa terhadap pembelajaran menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan tanggapan sangat baik. Secara umum guru memberikan tanggapan sangat baik terhadap pembelajaran yang diterapkan. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model investigasi kelompok pada materi kelangsungan hidup makhluk hidup dengan pendekatan jelajah alam sekitar dapat mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMP N 2 Brangsong.

 

 

Abstract

___________________________________________________________________

This study aims to determine the aktivity and student learning outcomes in a model of learning by applying materials group investigation on the survival of living beings with JAS approach to cruising around in SMP N 2 Brangsong Kendal. This study design using the one shot case study. The sample used in a class IXc and IXd, sampling is determined by purposive sampling technique. The results showed that students in learning activities that belong in the category of active and very active in meeting IXc class I, II, III were 82,9%, 85,8%, and 88,6%. While in class IXd was 97,1% in the first and second meeting, at the third meeting of all students are included in the category of active and very active. All student have achieved KKM and more than 85% of students optimal learning outcomes (learning outcomes values > 75) in general, the learning that teachers already accomplished in accordance RPP (teacher’s performance is very good), while the response of students towards learning shows that most students responded very well. In general, the teacher gave an axcellent response to applied learning. Conclusions from this research group is investigating the application of the model to the material survival of living being with natural roaming around approach to optimize the activity and student learning outcomes in SMP N 2 Brangsong.

Author Biographies

Riskawati Yuanita, Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Nugroho Edi Kartijono, Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Sumadi Sumadi, Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia

References

Eggan PD & DP Kauchak. 1995. Strategies fot teacher. United State of America: A Simon & Schuster Company

Hamalik. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Haningsih, K . 2003. Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Model Group Investigation (GI) Pada Konsep Protista Di Sma N 8 Semarang (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang

Ibrahim, H.M: F. Rachmadiarti: & M. Nur, Ismoyo.2000. Pembelajaran Kooperatif. Pusat Sains & Matematika Sekolah Program Pasca Sarjana Unesa Surabaya: Penerbit University Press.

Marianti, A. & N. E. Kartijono. 2005. Jelajah Alam Sekitar (JAS). Makalah. Dipresentasikan pada Seminar dan Lokakarya Pengembangan Kurikulum Disain Inovasi Pembelajaran Jurusan Biologi FMIPA Unnes dalam rangka pelaksanaan PHK A2. Semarang: Biologi FMIPA Unnes.

Mulyani, S. 2011. Penerapan Model Kooperatif Think Pair Share Dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Materi Pengelolaan Lingkungan Di Smp Negeri 2 Bulakamba (skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang

Noormatika, E. 2009. Pembelajaran Sub Materi Keanekaragaman Tumbuhan Menggunakan Media Quation Card dengan Pendekatan Kooperatif Di SMP N 1 Dawe Kudus(skripsi). Semarang: UNNES

Rusyana, C. 2010. Penerapan Pembelajaran Kontruktivisme Pada Materi Struktur Dan Fungsi Tubuh Tumbuhan Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa SMP Ksatrian 1 Semarang (skripsi). Semarang:UNNES

Santosa, DT. 2009. Pemanfaatan kartu pembelajaran biologi dengan pendekatan STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi ekosistem di kelas VII SMP N 22 Semarang(skripsi). Semarang: UNNES

Sardiman. 2007. Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo C Persada.

Sulistiyaningrum, T. 2010. Pemanfaatan Taman Dan Kolam Ikan SMP N 31 Semarang Sebagai Sumber Belajar Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup dengan Pendekatan JAS(skripsi). Semarang :UNNES

Slavin, R,E. 2009. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusamedia.

Uno HB. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Wurianingrum, T. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Observasi Yang Divariasikan dengan LKS Word Square Pada Materi Klasifikasi Hewan di SMP N 8 Purworejo (skripsi). Semarang:UNNES

Published
2014-08-01
Section
Articles