PENGEMBANGAN MEDIA “WOODY PUZZLE” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI STRUKTUR JARINGAN TUMBUHAN

  • Intan Kurniawati Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
  • Enni Suwarsi Rahayu Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Keywords: “Woody puzzle”, Motivation, Activity, Students learning outcome, Structure of plant tissue,

Abstract

Abstract

_________________________________________________________________

The aim of the research was to develop, to test the validity and effectiveness, and analyze the application media in the form of  woody puzzle. The design of this research was research and development (R&D). Woody puzzle media was validated by material and media experts. The effectiveness of product was tested using motivation, activity and student learning outcomes whereas the aplication was tested using teacher and students response. The result of the research  showed that woody puzzle media was valid, effective and can be applicated. The application of woody puzzle media increased the motivation, activity, students learning outcomes and can be applicated.

Abstrak

___________________________________________________________________

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kevalidan dan keefektifan serta menganalisis keterterapan media pembelajaran berbentuk “woody puzzleâ€. Penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Woody puzzle divalidasi oleh validator materi dan media. Keefektifan ditentukan berdasarkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa sedangkan keterterapan ditentukan berdasarkan respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media woody puzzle yang dikembangkan sangat valid, efektif dan dapat diterapkan. Penerapan media woody puzzle dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media woody puzzle layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di SMA Negeri 2 Kendal kelas XI.

 

Author Biographies

Intan Kurniawati, Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Enni Suwarsi Rahayu, Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia

References

[BSNP] Badan Standar Nasional Pendidikan.2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP

Chaiyunah. 2006. Hubungan Antara Pemanfaatan Media Puzzle Dengan Kreatifitas Berpikir Anak TK Kelas B Ngrowo 1 Bangsal Mojokerso. (Skripsi). Surabaya: Unesa

Hasruddin.2009. Peran Multimedia Dalam Pembelajaran Biologi.J. Tabularasa PPS UNIMED 6 (2): 1-12

Ibrahim M. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Unesa University Press

Julianto T. 2008. Peningkatan Kualitas Pembelajaran : Antara Profesionalitas Guru, Media Pembelajaran dan Kualitas Pembelajaran. J. Ilmiah Kependidikan 1 (1): 32-33

Mappeasse YM. 2009. Pengaruh Cara Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (Plc) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar.J. Medtek 1(2)

Wahyuni N & Maureen, YI. 2010. Pemanfaatan Media Puzzle Metamorfosis dalam Pembelajaran Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Sawunggaling I/382 Surabaya. J. Teknologi Pendidikan 10 (2): 77-78

Yudhi M. 2012. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru.Jakarta: Gaung Persada Press

Published
2014-12-01
Section
Articles