PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER MATERI SISTEM REPRODUKSI

  • Siti Sholekah Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
  • Nugrahaningsih Wahyu Harini Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Keywords: Interactive multimedia, character education, reproductive system,

Abstract

 

Abstract

_________________________________________________________________

Development of interactive multimedia-based character education is an effort to support character education in schools. This research aims to develop interactive multimedia-based character education on the reproductive system chapter. This design of research is Research and Development (R&D) with steps that adopted from Dick&Carey approach model. Product trials conducted to student in four class of  SMA N 1 Sragen, SMA N 2 Sragen and MA N 1 Magelang. Assessment results by media experts were showed 93.18% and 91.67% by matter experts showed that it is very worthy as well as it gets positive feedback from the students on the test product. Teacher’s responses showed 91.68% of 100% students gave good evaluation. The student assessments on the trial product has  reached classical completeness of 87.50%, 83.33% and 82.61% for each class with KKM ≥ 80. Students indicated good character evaluation by the percentage of 100% and 98.82% for each character studied. The conclusions of this research were (1) there has been no teaching materials that integrate character education and has interactivity, (2) the development of an interactive multimedia approach adopted the Dick & Carey model, (3) interactive multimedia are feasible and effective to be used in learning of reproductive system.

 

Abstrak

___________________________________________________________________

Pengembangan multimedia interaktif berbasis pendidikan karakter merupakan upaya untuk mendukung pendidikan karakter di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis pendidikan karakter materi sistem reproduksi serta menguji kelayakan dan keefektifan produk yang dikembangkan. Desain penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan langkah-langkah diadopsi dari model pendekatan Dick & Carey. Uji coba produk dan pemakaian dilakukan pada 4 kelas di SMA N 1 Sragen, SMA N 2 Sragen dan MA N 1 Magelang. Hasil penilaian oleh ahli media menunjukkan persentase sebesar 93,18%, ahli materi sebesar 91,67% yang tergolong sangat layak serta tanggapan positif dari siswa pada uji coba produk. Tanggapan guru pada uji coba pemakaian mendapatkan persentase sebesar 91,68% dan siswa sebesar 100% yang tergolong sangat baik. Hasil belajar siswa yang diperoleh pada uji coba pemakaian mencapai ketuntasan klasikal sebesar 87,50%, 83,33% dan 82,61% untuk masing-masing kelas dengan KKM ≥ 80. Siswa menunjukkan penilaian karakter yang baik dengan persentase 100% dan 98,82% untuk masing-masing karakter yang diteliti. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) belum terdapat bahan ajar yang mengintegrasikan pendidikan karakter dan mempunyai interaktivitas, (2) pengembangan multimedia interaktif diadopsi berdasarkan model pendekatan Dick & Carey, (3) multimedia interaktif layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran materi sistem reproduksi.

Author Biographies

Siti Sholekah, Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Nugrahaningsih Wahyu Harini, Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia

References

Bakri H. 2010. Langkah-langkah Pengembangan Pembelajaran Multimedia Interaktif. Jurnal MEDTEK Volume 2, Nomor 1.

Benninga JS, MW Berkoch, P Kuchn & K Smith. 2003. The Relationship of Character Education Implementation and Academic Achievment in Elementary Schools. Journal of Research in Character Education, Volume 1, Nomor 1.

Elfindri, L Hendrajaya, MB Wello, Hendmaidi, E Eriyani & R Indra. 2012. Pendidikan Karakter: Kerangka, Metode dan Aplikasi untuk Pendidik dan Profesional. Jakarta: Badouse Media.

Heinich R, M Molenda & J Russel. 2005. Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey: Merril Prentice Hall.

Izfanna D & Hisyam NA. 2012. A comprehensive approach in developing akhlaq: A case study on the implementation of character education at Pondok Pesantren Darunnajah. Multicultural Education & Technology Journal. 6 (2): 77-86.

Jacobsen DA, P Eggen & D Kauchak. 2009. Methods for Teaching: Metode-Metode Pengajaran. Edisi kedelapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lickona T. 1991. Educating for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter. Terjemahan Juma Abdu Wamaungo, 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Mayer RE. 2009. Multimedia Learning: Prinsip – Prinsip dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Miarso Y. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenata Media.

Mulyatiningsih E. 2012. Analisis Model-Model Pendidikan Karakter untuk Usia Anak-Anak, Remaja dan Dewasa. Seminar Nasional IKA UNY. Online. Tersedia di http://staff.uny.ac.id [diakses pada 2 Januari 2014].

Nasution. 2009. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Patwary AAM. 2009. Desain Navigasi dalam Multimedia Pembelajaran: Panduan Lengkap untuk Para Pendidik dan Praktisi Pendidikan. Yogyakarta: Genius Prima Media.

Ramainas. 2006. Motivasi Belajar dan Persepsi Peserta Didik tentang Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar. Jurnal pembelajaran 29 (1).79-85.

Rahmi S. 2009. Pengembangan Pembelajaran Media Interaktif Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris. (Thesis). Bandung: UPI.

Setyosari P. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Published
2014-12-01
Section
Articles