PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM PEMBUATAN KOMPOS TERHADAP KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Alexander Danang Ardianto Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
  • Bambang Priyono Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Keywords: Character Composting, environmental management, learning outcomes

Abstract

 

Abstract

_________________________________________________________________

The aim of this study is to analyze application learning with compost processing practical in environmental management subject to increase environmental careness characters and learning outcomes of seventh grade student in Junior High School 1 Ungaran.This study is a Pre Experimental Design. The study design uses the one group pretest-posttest design. The population in this study is every seventh grade students of Junior High School 1 Ungaran. The sample is students of class VII D and VII H.The results show that after learning 90% students have achieved very good and good criteria or increase 34% than before (56%). Learning outcomes of all students is completed with classical completeness 100%. t value in the t test is 8.597 in  VII D and 8.054 in VII H whereas for the t table is 1.69. This result show that t count > t table so learning effect to learning outcome. The analysis shows 94.44% of students in class VII D and 86.11% of students in class VII H give very good response about the learning. All science teachers in the both class give a positive response,  that the learning has been running very well. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that the application of learning with composting processing practical affect in increasing the environmental careness characters and student learning outcomes in environmental management subject.

 

Abstrak

___________________________________________________________________

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran dengan praktikum pembuatan kompos dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Pre Experimental Design. Rancangan penelitian menggunakan pola one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ungaran, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VII D dan VII H. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 90% siswa memiliki karakter peduli lingkungan pada kriteria sangat baik dan baik atau naik 34% dari sebelumnya 56%. Hasil belajar semua siswa tuntas dengan ketuntasan klasikal 100%. Hasil uji t dari nilai pretest dan nilai posttest, didapatkan t hitung pada kelas VII D adalah 8,597 dan di kelas VII H adalah 8,054 sedangkan untuk t tabel adalah 1,69. Maka t hitung > t tabel maka ada pengaruh dari pembelajaran. Tanggapan siswa menunjukkan 94,44% siswa di Kelas VII D dan 86,11% di kelas VII H menyatakan pembelajaran sangat baik.   Semua guru IPA di kedua kelas memberi tanggapan positif dan menyatakan bahwa pembelajaran sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa pembelajaran dengan praktikum pembuatan kompos berpengaruh terhadap peningkatan karakter peduli lingkungan dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ungaran.

 

Author Biographies

Alexander Danang Ardianto, Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Bambang Priyono, Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia

References

Borthwick F., S. Bennett, G. Lefoe & Huber. 2007. Applaying authentic learning to social science: a learning design for an inter-disciplinary sociology subject. Journal of Learning Design 2(1)

Brown, AL. 1992. Design experiments: theoretical and methodological challenges in creating complex interventions in classroom settings. The Journal of The Learning Sciences 2(2):144-147.

Hamalik, O. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hetzner S. & L. Pannese. 2009. E-VITA, life Simulations in an intergenerational setting. Journal of e-Learning and Knowledge Society V(II): 59-65.

[KEMENDIKBUD] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Pedoman Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Khanafiyah, S. & D. Yulianti. 2013. Model problem based instruction pada perkuliahan fisika lingkungan untuk mengembangkan sikap kepedulian lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 9(2013) 35-42.

Ridlo, S. 2005. Pendekatan Jelajah Alam sekitar (JAS). Makalah dipresentasikan pada seminar dan lokarya Pengembangan Kurikulum Pendidikan Biologi dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar. Biologi FMIPA UNNES. Semarang 14-15 Februari 2005.

Sudjana, N. & A. Rivai. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

[UUSPN] Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : UUSPN.

Yuwono, NW. 2010. Pengelolaan Sampah yang Ramah Lingkungan di Sekolah. Makalah ini disampaikan pada Pelatihan Pengembangan Sekolah Hijau untuk guru-guru SMK RSBI se-DIY. LPPM UGM-Dindikpora Provinsi DIY. Yogyakarta: 25-28 Oktober 2010.

Published
2014-12-01
Section
Articles