PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN BIOTRIVIAL PURSUIT GAME BERBASIS BIOEDUTAINMENT PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN

  • Rismanika Anggraeni Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Wulan Christijanti Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Keywords: Bioedutaiment, Biotrivial Pursuit Game, Life organization system, Scientific approach

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan  pendekatan saintifik berbantuan biotrivial pursuit game berbasis Bioedutainment materi sistem organisasi kehidupan pada siswa kelas VII SMP.Penelitian ini Pre Eksperimental Design dengan one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP N 1 Ungaran dengan sampel kelas VII A dan VII B yang dipilih dengan metode Convenience Sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran Biotrivial Pursuit berbasis bioedutainment pada materi sistem organisasi kehidupan mampu mengkatifkan siswa sebesar 99% dan 98,6% siswa mendapatkan nilai lebih dari 80 serta tanggapan positif siswa sebesar 97,5% kemudian untuk tanggapan guru dengan metode deskriptif kualitatif mendapatkan tanggapan positif atau baik.Dari hasil dan pembahasan disimpulkan bahwa media pembelajaran Biotrivial Pursuit Game berbasis bioedutainment efektif diterapkan pada pembelajaran materi sistem organisasi kehidupan

 

This study aimed to determine the effectiveness of the scientific approach with Biotrivial pursuit game Bioedutainment-based, the topic is system organization of life in Junior High school grade class VII. This study is a Pre Experimental Design with a one-shot case study. The population in this study was all students of class VII in SMP N 1 Ungaran with samples of class VII A and VII B using Convenience sampling method.  This Research  shows that learning media Biotrivial Pursuit bioedutainment based on the material system is able to activate the organization of student life at 99% and 98.6% of students get more value from 80 and student positive responses at 97.5% and then to the teacher's response to the descriptive qualitative method to get a positive response or Good. From the results and discussion concluded that media-based learning Biotrivial Pursuit Games bioedutainment effectively applied to the learning material life organization system

References

Arsyad A. 2011. Media Pengajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Chabalengula V. & Mumba F. 2012. Promoting biological knowledge generation using model-based inquiry instruction. International journal of Biology Education 2 (1):1-24 (diakses 2 April 2015)

Carroll, M. K. 2011. Fun and Games in Higher Education. Eastern Education Journal Vol 40(1) Spring 2011 pp 23 – 32. (diakses 18 November 2014)

Ena OT. 2007. Membuat Pembelajaran Interaktif dengan Piranti Lunak Presentasi. http://www.ialf.edu//kibbipa/abstracts/ otedaena.htm (diakses 15 Januari 2014)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Bahan Uji Publik Kurikulum 2013.Jakarta: Kemendikbud

Kementerian Pendidikan Nasional. 2013. Bahan Uji Publik Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional

Mulyani S, Marianti A, Kartijono EN, Widianti T, Saptono S, Pukan KK & Harnina S. 2008. Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pendekatan Pembelajaran Biologi. Semarang: Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang

Nicholson, S. 2011. Improving the trivia game model. Knowledge Quest: vol.40 n1 p60-65. (diakses 18 November 2014)

Nochajski B., Gordon Y. 1987. The Use of Trivial Pursuit in Teaching Community Living Skills to Adults With Developmental Disabilities. The Americanjournat af Occupational (diakses 18 November 2014)

Shah MZ. 2008. Exploring the conception of a science teacher from Karachi about the nature of science. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education 5 (3):305-315.[diakses 25 Mei 2015]

Soenarto S. 2006. Pembelajaran Berbasis Multi Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Hasil Belajar dan Persepsi Mahasiswa (Multi-Based Learning as An Effort to Improve Students’ Learning Achievement and Perception). Yogyakarta : Fakultas Teknik UNY. Jurnal Pendidikan. [diakses 1 Maret 2014].

Published
2015-12-01
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)