PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH BERSUPLEMEN ARTIKEL

  • Akhmad Solikhin Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Andreas Priyono Budi Prasetyo Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Keywords: Model Pembelajaran, sistem peredaran darah, artikel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran sistem peredaran darah bersuplemen artikel dan menguji pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Pengembangan produk dilaksanakan di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Uji skala terbatas dilakukan di SMA Teuku Umar Semarang dan uji skala luas dilakukan di SMA Negeri 1 Semarang pada semester genap 2013/2014. Uji pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar menggunakan only post test control group design. Sampel diambil menggunakan teknik convenience sampling, sedangkan kelas kontrol menggunakan kelas XI MIA 2 dan kelas eksperimen menggunakan kelas XI MIA 10. Data hasil belajar berupa skor post test. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran memperoleh skor sangat layak; skor kelayakan perangkat pembelajaran adalah layak; dan skor keterlaksanaan model yaitu sedang. Uji-t menunjukkan perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol (thitung > ttabel). Berdasarkan hasil pengembangan dan penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sistem peredaran darah bersuplemen artikel yang dikembangkan layak dan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar.

 

This study aimed to develop model of teaching on circulation system suplemented by article and  examine the effect of it on student learning achievement. The process of product development was conducted at Departement of Biologycal Science, Semarang State University. The trials of small-scale products was carried out in SMA Teuku Umar Semarang and the trials of large-scale products was carried out in SMA Negeri 1 Semarang at second semester 2013/2014. The testing effect model of teaching on learning achievement used only post test control group design. Sample was taken with convenience sampling technique, whereas control class used XI MIA 2 and eksperiment class used XI MIA 10. The data about learning achievement are form score of post test. The result showed that models of teaching get score of advisability are very feasible; score advisability of teaching device are feasible; and score sustainability of teaching model are middle. T-test showed that there are significant difference between eksperiment class with control class (thitung > ttabel). Based on the result of research and development, it could be concluded that model of teaching on circulation system suplemented by article developed feasible and have effect significant it on learning achievement.

References

Bestari, A. D. 2012. Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Margorejo dengan Model Pembelajaran NHT Berbantu Hands on Activity terhadap Hasli Belajar pada Materi Pokok Lingkaran. Tesis. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Fisher, A. 2008. Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga

Gufron, A. 2002. Optimalisasi Kegiatan Inovatif Guru dalam Implementasi Kurikulum di Sekolah. Jurnal UNY. 2(1).

Iryance, I. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Kesatuan Bogor. Jurnal Pendidikan Sejarah. Jakarata: Universitas Negeri Jakarta. Vol. 3 No. 1

Parmin. 2012. Penerapan Critical Review Artikel Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyusun Proposal Skripsi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 1 No. 2 Juli 2012.

Prayitno, Adi B., Bowo S, dan Suciati. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Konstruktivis-Kolaboratif untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Siswa Akademik Bawah. Makalah LPPM UNS [http://lppm.uns.ac.id/kinerja /files/pemakalah/lppm-pemakalah-20121408201375048.pdf]

Putrayasa, I.B. 2007. Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional. Bali: Makalah Disajikan dalam Seminar Pengembangan Kompetensi Bagi Guru-guru SMP se-Kecamatan Tejakulo

Rahayu, P., Maria U, Dwi, dan Lussana R., 2013. Pembelajaran Analisis Artikel Ilmiah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Ilmiah. Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS. Solo: Universitas Negeri Surakarta.

Rourke, L., & Anderson, T. 2004. Validity in quantitative content analysis. Educational Technology Research and Development. 52(1)-5-18

Rudyatmi, E., & Rusilowati, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Subali, B. 2011. Pengukuran Kreativitas Keterampilan Proses Sains dalam Konteks Assessment for Learning. Jurnal Cakrawala Pnedidikan No.1

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV. Alfabeta: Bandung.

Widodo, R.S. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran dan Keterampilan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas XI SMAN 1 Permata Kabupaten Bener Meriah. Tesis. Medan: Universitas Medan

Section
Articles