PENGEMBANGAN MODUL MATERI EKOSISTEM DENGAN PENDEKATAN SETS DI SMP NEGERI 5 SEMARANG

  • Queena Lupita Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Nur Kusuma Dewi Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Keywords: Module, ecosystem, SETS approach

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan modul materi ekosistem dengan pendekatan SETS di SMP Negeri 5 Semarang, (2) mengetahui kelayakan modul materi ekosistem dengan pendekatan SETS berdasarkan standar penilaian buku teks BSNP, (3) menguji keefektifan modul materi ekosistem dengan pendekatan SETS terhadap hasil belajar siswa, dan (4) mengetahui keterterapan modul materi ekosistem dengan pendekatan SETS dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Hasil validasi pakar menunjukkan kelayakan modul yang dikembangkan memperoleh rata-rata sebesar 81,93% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji t diperoleh thitung sebesar 3,896 sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol Sedangkan hasil tanggapan guru memperoleh presentase sebesar 84% dan hasil tanggapan siswa memperoleh presentase sebesar 90,59% yang keduanya termasuk dalam kriteria sangat dapat diterapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) modul materi ekosistem dengan pendekatan SETS terdiri dari bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup, (2) modul sangat layak berdasarkan standar penilaian buku teks BSNP, (3) modul dapat efektif meningkatkan hasil belajar siswa, dan (4) modul sangat dapat diterapkan dalam pembelajaran

 

This research is aimed to: (1) develop an ecosystem module with SETS approach in SMP Negeri 5 Semarang, (2) identify the feasibility of ecosystem module with SETS approach based on assessment standard textbooks of BSNP, (3) test the effectiveness of the ecosystem module with SETS approach toward student learning outcomes, and (4) identify the application of ecosystem module with SETS approach to learning. This study is a Research and Development with the design of pre-test post-test control group design. The results demonstrate the feasibility of expert validation modules developed to obtain an average of 81.93% with a very decent criteria. Results obtained t test of 3.896 so that it can be stated that there are significant differences between the experimental class and control class, while the results of the responses of teachers to obtain a percentage of 84% and the responses of students to obtain a percentage of 90.59% which are both included in the criteria so can be applied. Based on the results of this study concluded that: (1) the module material ecosystem with SETS approach consists of the introduction, part of the contents, and the concluding part, (2) the module very feasible based on the assessment standard textbooks of BSNP, (3) the modules can effectively improve learning outcomes students, and (4) modules can be applied in learning.

References

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Irwan. 2014. Pengaruh modul terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati SMA Negeri 9 Pontianak (Laporan Penelitian). Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Kurinasih I & Sani B. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Nuray Y, et al. 2009. The effects of science, technology, society, and environment (STSE) education on students’ career planning. US-China Education Review 6 (8): 57.

Parmin & Peniati E. 2012. Pengembangan modul mata kuliah strategi belajar mengajar IPA berbasis hasil penelitian pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1 (1): 8-15.

Prastowo A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Rochman, FM. 2012. Pengaruh modul terhadap prestasi mata pelajaran kerja bangku pada siswa kelas X jurusan teknik mesin SMK Muhammadiyah Prambanan tahun ajaran 2011/2012 (Laporan Penelitian). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Shahidayanti T & Dhoruri A. 2012. Pengembangan modul pada materi segi empat untuk siswa kelas VII SMP berdasarkan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa (Laporan Penelitian). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Widyaningrum R. 2013. Pengembangan modul berorientasi POE (Predict, Observe, Explain) pada materi pencemaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa (Tesis). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Section
Articles