Abstract

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan produk perangkat pembelajaran IPA  berbasis virtual laboratory yang dapat meningkatkan penguasaan konsep dan ketrampilan berpikir kritis siswa MTs Negeri Karangawen Demak; (2) Mengetahui kualitas perangkat pembelajaran
IPA berbasis virtual laboratory yang dapat meningkatkan penguasaan konsep dan ketrampilan berpikir kritis siswa MTs Negeri Karangawen Demak; 3) Mengetahui keefektifan penggunaan perangkat pembelajaran IPA  berbasis virtual laboratory dalam meningkatkan penguasaan konsep dan ketrampilan berpikir kritis siswa MTs Negeri Karangawen Demak. Hasil penelitian ini berupa telah dikembangkannya  perangkat Pembelajaran IPA yang berupa Silabus, RPP, Bahan ajar dan LKS yang bermuatan virtual laboratory. Hasil belajar kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep kelas uji coba mengalami peningkatan. Peningkatan
skor berpikir kritis nilai (g) = 0,35 yang berarti berada pada kategori sedang yaitu 0,3 ≤ (g) ≤ 0,7.dan penguasaan konsep nilai (g) = 0,14 yang berarti peningkatan skor penguasaan konsep berada pada kategori rendah dimana nilai untuk kategori rendah (g) ≤ 0,7.

Abstract

The purpose of  this study were:(1) Produce the virtual laboratory based science learning can increase the mastery of  concepts and critical thinking skills of  students MTs KarangawenDe-mak;(2) Knowing the quality of  the virtual laboratory based science learning can increase the mastery of  concepts and critical thinking skills of  students MTs State KarangawenDemak;(3) Knowing the effectiveness of  the use of  the virtual laboratory based science learning can in-crease the mastery of  concepts and critical thinking skills of  students MTs KarangawenDe-mak. Results of  this study was to develop learning tools in the form of  science syllabus, lesson
plans, teaching materials and worksheets. Results learn critical thinking skills and mastery of  the concept of  class trials has increased. Improved critical thinking score value (g) = 0.51
which means that middle category is ≤ 0.3 (g) ≤ 0.7.and mastery of the consep value (g) = 0.14, which means an increase in score mastery of  concepts low category where the value for
the category is (g) ≤ 0.7.