Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen bioenterpreneurship belajar untuk meningkatkan proses ilmiah siswa keterampilan dan minat kewirausahaan. Metode penelitian adalah Research and Development (R & D), umumnya dikenal sebagai 4-D Model. Ini terdiri dari istilah mendefinisikan, mengembangkan dan menyebarluaskan. Instrumen pembelajaran yang dikembangkan terbukti efektif terhadap keterampilan proses ilmiah siswa. Hal ini dibuktikan dengan pengujian skor rata-rata keterampilan proses ilmiah baik kelas diuji adalah 92,53% dan kelas eksperimen adalah 94,16% pada persentase kelulusan minimum adalah sama atau lebih dari 75%. Instrumen pembelajaran ini dibuktikan efektif terhadap minat berwirausaha siswa. Dalilnya adalah skor rata-rata yang diperoleh dari bunga kewirausahaan siswa dengan skor 90,78% pada persentase kelulusan minimum adalah sama atau lebih dari 75%. Selain itu, minat kewirausahaan kelas eksperimen lebih baik daripada membandingkan dengan kelas kontrol. Mengembangkan proses pembelajaran jigsaw dapat increate minat siswa. Selanjutnya produk tersebut telah ditetapkan dan dirancang secara independen melalui pengamatan langsung ke bidang bisnis.

 

The purpose of this study is to develop bioenterpreneurship learning instrument to improve the students’ scientific process skill and entrepreneurship interest. The research method is Research and Development (R&D), generally known as Four-D Model. It consists of the term define, develop and disseminate. The developed learning instrument is proved effective toward the students’ scientific process skill. This is proved by the average testing score of scientific process skill both tested class is 92.53% and experimental class is 94.16% at the minimum passing percentage is equal or more than 75%. This learning instrument is proved effective toward the students’ entrepreneurship interest. The evidence is the acquired average score of students’ entrepreneurship interest with the score 90.78% at the minimum passing percentage is equal or more than 75%. Moreover, the entrepreneurship interest of experimental class is better than comparing with the control class. Developing jigsaw learning process can increate the students’ interest. Furthermore the product is decided and designed independently trough the direct observation to the area of business.