Abstract

Kesantunan tuturan siswa yang merupakan respons dari tuturan guru penting dalam rangka pembiasaan kesantunan berbahasa. Masalah yang diteliti adalah jenis dan fungsi pragmatis tuturan yang merupakan respons siswa, bidal-bidal prinsip kesantunan yang dipatuhi, dan yang dilanggar siswa dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Losari Kabupaten Brebes. Data penelitian berupa penggalan wacana tuturan respons siswa terhadap tuturan guru yang menggunakan pendekatan pragmatik. Metode pengumpulan data adalah metode simak, teknik rekam, dan teknik catat. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) jenis-jenis tuturan yang direspons siswa terdiri atas tuturan langsung dengan modus deklaratif, imperatif, dan interogatif, sedangkan tuturan tak langsung bermodus deklaratif dan interogatif, (2) fungsi pragmatis tuturan respons siswa terdiri atas (a) fungsi representative, (b) fungsi direktif, (c) fungsi ekspresif, (d) fungsi komisif, dan (e) fungsi isbati; (3) prinsip kesantunan yang dipatuhi siswa meliputi (a) bidal keperkenanan,(b) bidal kerendahhatian, (c) bidal kesetujuan, dan (d) bidal kesimpatian, dan (4) prinsip kesantunan yang dilanggar siswa meliputi (a) bidal ketimbangrasaan (b) bidal keperkenanan, (c) bidal kerendahhatian, (d) bidal kesetujuan, dan (e) bidal kesimpatian. Untuk itu, dalam memberikan instruksi kepada siswa, guru hendaknya menggunakan bahasa Indonesia dengan baik, benar, dan sopan sehingga siswa merespons dengan tuturan yang baik, benar, serta sopan pula.

 

The purpose of this study is to type and function of the students’ response pragmatic utterances, the politeness maxim followed and disobeyed by students in the Indonesian language interaction at SMA Negeri 1 Losari Brebes regency. The data of the study is the utterance of studnts’ renspone to the teacher. The data collection employed listening method, recording, and noting. The result of the study shows (1) kind of students utterances consist of direct utterances by decalarative, imperative, interrogative modus and indirect utterances consist of declarative and interrogative modus. (2) the function of students’ pragmatic utterances response consist of (a) representative function, (b) directive function, (c) expressive function, (d) commission finction, (e) approximate function; (3) the politeness principal followed by the students consist of (a) tolerance maxim, (b) accordance maxim, (c) humbleness maxim, (d) agreement maxim, (e) sympathy maxim. I suggest the teacher to use appropriate utterance to students in order to get the students’ good, correct, and polite response.