Evaluasi Implementasi Kurikulum dalam Aktivitas Riil pada Mata Pelajaran melakukan Instalasi Sistem Operasi Jaringan Berbasis Graphical User Interface

  • Juliyanto Juliyanto SMK Muhammadiyah Bligo
  • Haryono Haryono Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Muhammad Khumaedi Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: curriculum evaluation, implementation, CIPP

Abstract

Penerapan kurikulum KTSP masih ada kendala maka penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum KTSP yang berfokus pada proses pembelajaran dengan model Context Input Process Product (CIPP). Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pendekatan penelitian ini evaluative yang mengambil kriteria dari CIPP yang difokuskan pada standar proses. Data angket dianalisa secara kuantitatif dan hasilnya disampaikan secara evaluative dengan mengambil kriteria proses pada CIPP. Dalam komponen proses terdapat beberapa unsur yaitu  pendahuluan,  pelaksanaan pembelajaran, penutup,  penilaian, dan sarana/prasarana. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran yang disampaikan guru dalam pembelajaran produktif sudah berjalan efektif. Hasil penelitian dalam komponen proses yaitu pendahuluan yang disampaikan guru dalam kategori  tinggi yaitu sebesar 88%, pelaksanaan pembelajaran produktif dalam kategori tinggi yaitu sebesar 90%, penutup yang disampaikan guru dalam pembelajaran produktif dalam kategori sangat tinggi yaitu  90 %, penilaian yang disampaikan guru dalam pembelajaran produktif  dalam kategori tinggi yaitu 77%, sarana dan prasarana dalam kategori sangat tinggi yaitu 89%. Hasil penelitian ini sebagai kajian pada bidang ilmu khususnya evaluasi kurikulum yang bermanfaat untuk pengembangan KTSP.

Application of curriculum of KTSP is still obstacle this research aim to evaluate implementation of Curriculum KTSP which focus on learning process with Context Input Process Product (CIPP) model. This research method is descriptive quantitative. This evaluative research approach takes the criteria of CIPP that focus on process standards. Questionnaire data were analyzed quantitatively and the results were presented evaluatively by taking process criteria at CIPP. In the process component there are several elements of the introduction, implementation of learning, cover, assessment, and facilities/infrastructure. The results show that the learning process that is delivered by teachers in productive learning has been effective. The results of the research in the process component is the introduction of the teacher in the high category of 88%, the implementation of productive learning in the high category that is 90%, the cover delivered by teachers in productive learning in the category is very high that is 90% In productive learning in high category that is 77%, facilities and infrastructure in very high category that is 89%. The results of this study as a study in the field of science, especialy the evaluation of curriculum that is useful for the development of KTSP.

References

Abduh. 2014. Evaluasi Pembelajaran Tematik Dilihat dari Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies 2(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/18655
Arifin Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik dan Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Budiani, Sudarmin & Rodia Syamwil 2017. Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pelaksana Mandiri. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology 6(1): 45-57. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/15998
Daniel L. Stufflebeam. 2007. CIPP Evaluation Model Checklist, Second Edition. Evaluation Checklists Project. A tool for applyingthe CIPP Model to assess long-term enterprises Intended for use by evaluators and evaluation clients/stakeholders. www.wmich.edu/evalctr/checklists.
Djemari Mardapi. 2012. Pengukuran Penilian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Litera.
Eko Putro Widoyoko. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fajarwati, 2012. Implementasi Pembelajaran Berbasis Masyarakat (Community Based Learning) Mata Pelajaran Ibadah SMP Muhammadiyah di Kabupaten Kendal. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology 1(1).
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/125
Hidayati, Tohiroh, & Istyarini. 2017. Evaluasi Program Pendidikan Akhlak di Full Day School Sekolah Dasar Islam Terpadu. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies 5(1): 10-21.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jktp/article/view/14245
Ilma & Titi. 2016. Pengelolaan Kurikulum Sekolah Alam di TK Alam Al Biruni Cirebon. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology 4(1): 32-39. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jktp/article/view/14275
Ismoyo, Widodo & Djuniadi. 2013. Implementasi Model Pakem Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Budha. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology. 2(2).
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/2679
Istiqomah. 2014. Evaluasi Penerapan Moving Class di SMA 1 Jekulo Kudus. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies. 2(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jktp/article/view/3294/0
Prasetyo. 2015. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies 3(1): 65-70. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jktp/article/view/8690
Rozaq. 2015. Pengelolaan Proses Pembelajaran Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies 3(1): 41-48.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jktp/article/view/8684
Mulyasa. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Safitri & Prihatin. 2016. Implementasi Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor di Sekolah Menengah Pertama. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies 4(1): 40-48.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jktp/article/view/14278
Setyawati, Dwika Yuli & Tandiyo Rahayu. 2014. Evaluasi Program Pembinaan Hoki di Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Educational Research and Evaluation 3(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere/article/view/4392
Suharsimi Arikunto. Abdul Jabar & Cepi Safruddin. 2008. Evaluasi Program Pendidikan. (Edisi 2, Cetakan 1). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto. Abdul Jabar & Cepi Safruddin. 2009. (Edisi 2, Cetakan 4). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sundoyo, Sumaryanto & Dwijanto. 2012. Evaluasi Program Pendidikan Sistem Ganda Berdasarkan Stake Countenance Model. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology 1(2).
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/830
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. 2012. Undangu Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Bandung: Fokusindo Mandiri.
Yuli Utanto, Ghanis Putra Widhanarto, & Yoris Adi Maretta. A Web-Based Portfolio Model as The Students’ Final Assignment: Dealing with The Development of Higher Education Trend. AIP Conference Proceedings 1818, 020063 (2017). doi: 10.1063/1.4976927 https://aip.scitation.org/doi/abs/10.1063/1.4976927
Published
2017-11-01
How to Cite
Juliyanto, J., Haryono, H., & Khumaedi, M. (2017). Evaluasi Implementasi Kurikulum dalam Aktivitas Riil pada Mata Pelajaran melakukan Instalasi Sistem Operasi Jaringan Berbasis Graphical User Interface. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 8-14. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/18655
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>