Abstract

Penerapan kurikulum KTSP masih ada kendala maka penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum KTSP yang berfokus pada proses pembelajaran dengan model Context Input Process Product (CIPP). Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pendekatan penelitian ini evaluative yang mengambil kriteria dari CIPP yang difokuskan pada standar proses. Data angket dianalisa secara kuantitatif dan hasilnya disampaikan secara evaluative dengan mengambil kriteria proses pada CIPP. Dalam komponen proses terdapat beberapa unsur yaitu  pendahuluan,  pelaksanaan pembelajaran, penutup,  penilaian, dan sarana/prasarana. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran yang disampaikan guru dalam pembelajaran produktif sudah berjalan efektif. Hasil penelitian dalam komponen proses yaitu pendahuluan yang disampaikan guru dalam kategori  tinggi yaitu sebesar 88%, pelaksanaan pembelajaran produktif dalam kategori tinggi yaitu sebesar 90%, penutup yang disampaikan guru dalam pembelajaran produktif dalam kategori sangat tinggi yaitu  90 %, penilaian yang disampaikan guru dalam pembelajaran produktif  dalam kategori tinggi yaitu 77%, sarana dan prasarana dalam kategori sangat tinggi yaitu 89%. Hasil penelitian ini sebagai kajian pada bidang ilmu khususnya evaluasi kurikulum yang bermanfaat untuk pengembangan KTSP.

Application of curriculum of KTSP is still obstacle this research aim to evaluate implementation of Curriculum KTSP which focus on learning process with Context Input Process Product (CIPP) model. This research method is descriptive quantitative. This evaluative research approach takes the criteria of CIPP that focus on process standards. Questionnaire data were analyzed quantitatively and the results were presented evaluatively by taking process criteria at CIPP. In the process component there are several elements of the introduction, implementation of learning, cover, assessment, and facilities/infrastructure. The results show that the learning process that is delivered by teachers in productive learning has been effective. The results of the research in the process component is the introduction of the teacher in the high category of 88%, the implementation of productive learning in the high category that is 90%, the cover delivered by teachers in productive learning in the category is very high that is 90% In productive learning in high category that is 77%, facilities and infrastructure in very high category that is 89%. The results of this study as a study in the field of science, especialy the evaluation of curriculum that is useful for the development of KTSP.