Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII

  • Joko Kuswanto Universitas Baturaja, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Yosita Walusfa Universitas Baturaja, Sumatera Selatan, Indonesia
Keywords: multimedia learning, research & development, ICT class VIII

Abstract

Media pembelajaran yang diterapkan disekolah yaitu media berbasis cetak. Media pembelajaran berbasis komputer belum banyak dikembangkan, sehingga perlu dikembangkannya media pembelajaran berbasis komputer sebagai alternatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran TIK dan mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan tahapan perancangan, produksi, evaluasi, dan menganalisis data dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan pada mata pelajaran TIK kelas VIII sudah layak untuk digunakan dalam pembelajaran oleh guru dan siswa. Berdasarkan beberapa tahapan uji coba, multimedia pembelajaran dikategorikan valid dengan tingkat kelayakan sebesar 82% dengan kriteria baik. Secara teoretis, penelitian pengembangan multimedia pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran mata pelajaran TIK. Secara praktis, penelitian ini diharapakan dapat bermanfaat bagi guru, siswa, dan peneliti lanjutan.

The low learning outcomes of students are caused by learning in ICT subjects: (a) teachers still use conventional learning system with teacher-centered, using lecture method in the delivery of subject matter to students, (b) type of instructional media applied by ICT subject teachers ie media based Print (textbook), (c) not yet utilized multimedia learning as medium of learning. The purpose of this study is to develop interactive multimedia learning on ICT subjects and know the feasibility of developed multimedia learning. The type of research used is research development (reseach and development) with stages (1) Design, (2) Production (3) Evaluation, and (4) analyze data by percentage. The results of this study are interactive multimedia learning products on ICT class VIII subjects with a degree of eligibility of 82% with good criteria. Theoretically, the study of multimedia development of learning is expected to become a medium for learning ICT subjects. Practically, this research is expected to be useful for teachers, students, and advanced researchers.

References

Fanny, Arif Mahya, Siti Partini Suardiman. 2013. Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Prima Edukasia 1(1).
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2311
Suryani, Lili, Ishartiwi. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Arab untuk Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 1(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/2460
Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Resiani, Ni Kadek, Anak Agung Gede Agung, I Nyoman Jampel. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 7 Singaraja Tahun Ajaran 2014/2015. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan 3(1).
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/5929
Rusdewanti, Panca Putri, Abdul Gafur. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Seni Musik untuk Siswa SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 1(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/2526
Putra, Nusa. 2011. Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Priyanto, Dwi. 2009. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan INSANIA 14(1). http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/320
Triyanti, Merti. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI. Jurnal BIOEDUKATIKA 3(2). http://journal.uad.ac.id/index.php/BIOEDUKATIKA/article/view/4148
Fero, David. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Macromedia Flash 8 Mata Pelajaran TIK Pokok Bahasan Fungsi dan Proses Kerja Peralatan TIK di SMA Negeri 2 Banguntapan.
Warsita, Bambang, 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2017-11-01
How to Cite
Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 1-7. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/19335
Section
Articles