ANALISIS SISTEM ANTRIAN DISIPLIN PRIORITAS PADA BENGKEL MOTOR AHASS 10293 (ASZA MOTOR 2) CABANG UNGARAN

  • Andhina Saraswati Universitas Negeri Semarang
  • Putriaji Hendikawati Universitas Negeri Semarang
Keywords: Priority queues, queuing system, queuing discipline, machine shop, visual basic

Abstract

Abstrak

Disiplin antrian yang sering digunakan adalah disiplin pelayanan FCFS, namun ada disiplin antrian lainnya yaitu disiplin prioritas. Bengkel Motor AHASS 10293 menerapkan disiplin prioritas dalam sistem antriannya. Penelitian dilakukan selama 3 hari pada hari dan waktu sibuk yang dipilih secara acak yaitu 27 Maret, 28 Maret, dan 30 Maret 2015. Data yang diambil adalah waktu antar kedatangan  dan waktu pelayanan, sehingga dari data tersebut diperoleh hasil ukuran kinerja antrian prioritas. Hasil rata-rata perhitungan ukuran kinerja antrian dalam tiga hari adalah = 0,0000466987, = 0,0000000084, = 2,6667133647, = 2,1201413512, = 0,0000056505, = 0,0000000003, = 0,3226723168, = 0,0749116611. Biaya fasilitas ketiga hari adalah Rp. 31.250,00 dan biaya menunggu hari pertama Rp. 4.100,00, hari kedua Rp. 2.700,00, hari ketiga Rp. 3.700,00. Sistem antrian yang diterapkan oleh Bengkel Motor AHASS 10293 sudah cukup baik karena antrian yang terjadi tidak terlalu parah meski pelanggan yang datang tiap harinya cukup banyak.

 

Abstract

                Queuing discipline that often used is FCFS, but there are another queuing disciplines one of which is priority queuing discipline. AHASS 10293 Machine Shop using priority discipline for their system. This study was conducted for 3 days in a busy day and time that selected randomly on March 27, March 28, and March 30, 2015. The captured data are time arrivals and service time, so that from those data obtained the results of priority queuing performance measurements. The average results from three days are = 0,0000466987, = 0,0000000084, = 2,6667133647, = 2,1201413512, = 0,0000056505, = 0,0000000003, = 0,3226723168, = 0,0749116611. Customer service cost for three days is Rp. 31.250,00 and customer waiting cost for the first day is Rp. 4.100,00, the second day is Rp. 2.700,00, the third day is Rp. 3.700,00. Queuing system that applied by AHASS 10293 Machine Shop is good enough because the queues are not too severe even though the customers who come every day quite a lot.

Author Biography

Andhina Saraswati, Universitas Negeri Semarang
mahasiswa matematika

References

Aditama, T. Y. dan Wardhani, L. P. 2013. “Distribusi Waktu Tunggu pada Antrian dengan Menggunakan Disiplin Pelayanan Prioritas (Studi Kasus: Instalasi Rawat Darurat di RSUD Dr. Soetomo Surabaya)”. Jurnal Sains dan Seni Pomits, Vol.01, No.01, hal 1-6.

Bronson, R. 1991. Theory and Problems of Operations research. New York: McGraw-Hill, Inc.

Hendikawati, P. 2012. Bahan Ajar Teori Antrian. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Kakiay, T. J. 2004. Dasar Teori Antrian untuk Kehidupan Nyata. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Samsir dan Mustika, R. 2013. “Analisis Sistem Antrian Teller pada Bank PT. Bank Riau Cabang Utama Pekanbaru”. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Riau Kampus Bina Widya Km 12,5 Simpang Baru, Pekanbaru 28293.

Nurhayati, R., Rochmad, & Kartono. 2014. Analisis Proses Antrian Multiple Channel Single Phase di Loket Administrasi dan Rawat Jalan RSUP Dr. Kariadi Semarang. Unnes Journal of Mathematics, 3(1).

Purnawan, D, P.Hendikawati, & M. Aziz Muslim. 2013. Analisis Model Antrian Perbaikan Sepeda Motor dengan Menggunakan Visual Basic. Unnes Journal of Mathematics, 2(1).

Taha, H. A. 1996. Operation Research Jilid 2. Fayetteville. Departement of Industrial Engineering University of Arkansan.

Dimyati, T.T dan A. Dimyati. 2004. Operations Research : Model-model Pengambilan Keputusan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Published
2018-11-30
Section
Articles