Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah sistem antrian loket Administrasi dan Rawat Jalan RSUP Dr. Kariadi Semarang memiliki pola kedatangan pasien berdistribusi Poisson dan waktu pelayanan pasien berdistribusi eksponensial, mengetahui rata-rata jumlah pasien dalam antrian dan dalam sistem, mengetahui rata-rata waktu pasien menunggu dalam antrian dan dalam sistem, mengetahui persentase waktu menganggur petugas loket, mengetahui jumlah petugas loket yang ideal. Metode penelitian yang digunakan pengumpulan data, metode analisis data, dan penarikan simpulan. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi. Dari hasil analisis diperoleh sistem antrian loket Administrasi dan Rawat Jalan RSUP Dr. Kariadi Semarang memiliki pola kedatangan pasien berdistribusi Poisson, waktu pelayanan pasien berdistribusi eksponensial dan hasil untuk  tiga hari, sebagai berikut: Senin  Lq = 2,5999; L = 4,1777; Wq = 3,1620; W = 5,0809; X = 21,11%. Selasa Lq = 1,6227; L = 3,0754; Wq = 2,2642; W = 4,2913; X = 27,36%. Rabu Lq = 3,3501; L = 4,9890; Wq = 3,9672; W = 5,9080; X = 18,06%. Berdasarkan persentase waktu mengganggur petugas loket yang nilainya > 15%, jadi jumlah petugas di loket Administrasi dan Rawat Jalan RSUD Dr. Kariadi Semarang yang ada sudah ideal.