PEMODELAN RECIPROCAL SEM UNTUK SERVICE QUALITY DI PT APLIKASI KARYA ANAK BANGSA (GO-JEK) SEMARANG

  • Anita Nur Jannah students
  • Scolastika Mariani UNNES
Keywords: Reciprocal, Structural Equation Modeling, Service Quality.

Abstract

Teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) sudah dikembangkan oleh para ahli sejak tahun 1920-an, tetapi saat ini masih jarang yang menganalisis menggunakan jenis pemodelan dengan bentuk non-recursive yaitu pemodelan reciprocal yang memungkinkan adanya hubungan timbal balik antara variabel dalam suatu model. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan membentuk suatu pemodelan reciprocal mengenai service quality dari PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Go-Jek) Semarang, untuk mengetahui pengaruh hubungan reciprocal antara service quality dan customer loyalty yang dianalisis menggunakan Covarian Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) dan menggunakan program LISREL 8.80. Metode yang digunakan untuk mengestimasi model adalah metode ML dengan mengoreksi standart error dan beberapa goodness of fit indices karena data tidak berdistribusi normal multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara variabel service quality dan variabel customer loyalty  tidak ada pengaruh hubungan timbal balik (reciprocal). Jadi, variabel service quality berpengaruh positif sebesar 0,15 terhadap variabel customer loyalty  tetapi variabel customer loyalty berpengaruh negatif sebesar 0,43 terhadap variabel service quality.

References

Fandy, T. 2007. Strategi Pemasaran Edisi II. Yogyakarta: Andi.

Ghozali, I. 2004. Model Persamaan Struktural: Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 19.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Fuad. 2008. Structural Equation Modeling: Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan Program Lisrel 8.80 (2nd ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayati, N. 2018. Pemodelan Covarian Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) Untuk Kualitas Pelayanan di PT Tumbas Sinergi Indonesia. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Kotler, P. 2004. Manajemen Pemasaran. (Edisi Milenium Jilid 1). Jakarta: PT. Prenhallindo.

Latan, H. 2013. Structural Equation Modeling: Konsep dan Aplikasi Menggunakan Program Lisrel 8.80. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Laurent, F. 2016. Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek Melalui Kepuasan Pelanggan. Journal of Management (Vol. 4 No. 2).

Riadi, E. 2018. Statistik SEM - Structural Equation Modeling dengan LISREL Edisi I. Yogyakarta: Andi.

Wijiutami, S. S. 2017. Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction serta Dampaknya pada E-Loyalty Pelang gan E-Commerce C2C di Kota Jakarta dan Bandung. Skripsi. Bandung: Universitas Telkom.

Published
2020-12-30
Section
Articles