Diagnosis and Efforts to Overcome Learning Difficulties in Mathematics with Induced Fit Remedial Teaching Strategy with Participative Learning Approach Diagnosis dan Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika dengan Induced Fit Remedial Teaching Strategy dengan Pendekatan Participative Learning Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Windha Yunita
Edy Soedjoko
Wuryanto Wuryanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui letak dan faktor penyebab kesulitan siswa SMK kelas X dalam menyelesaikan soal program linear dan mengetahui keefektifan Induced Fit Remedial Teaching dengan pendekatan Participative Learning dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara. Subjek penelitian diambil 9 dari 34 siswa kelas X Garmen 1 SMK Bina Nusantara, masing-masing 3 subjek dari kelompok atas, kelompok tengah dan kelompok bawah. Selanjutnya dilakukan wawancara terkait hasil tes diagnostik. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Simpulan yang diperoleh (1) letak kesulitan belajar siswa adalah mengubah soal cerita ke model matematika, menentukan daerah penyelesaian dan titik pojok serta titik potong dari grafik dengan faktor penyebab kesulitan pada program linear adalah kurang memahami soal, tidak teliti, dan belum memahami langkah penyelesaian; (2) Induced Fit Remedial Teaching dengan pendekatan Participative Learning efektif mengatasi kesulitan belajar matamatika.


 


The goal of this research is to know difficulties and factors that cause trouble  for Students of SMK Grade 10 in solving linear program question,  and to know the effectiveness of Induced Fit Remedial Teaching Strategy to solve the cause of students’ learning difficulties. This Reasearch is Qualitatif Research. Data collection was conducted sing Tes Method, Questionnaire and Interview. The Subjects were taken 9 from 34 students from SMK Bina Nusantara Grade 10 Garmen Class, each three subject from upper group, middle group and lower group. Then, the next step is interview related the result of diagnostic test. Test the validity of the data is done by the technique of triangulation. Conclusion obtained are (1) the cause of students’ learning difficulty is how to change the story question into math model, to determine settlement area and the corner point and and also the point of intersection of a graph. And factors that cause trouble  in solving linear program question is lack of understanding of the question, not carefully and don’t understand the solution step by step (2)  Effective Induced Fit Remedial Teaching Strategy with approaching Participative Learning students overcome learning difficulties.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Yunita, W., Soedjoko, E., & Wuryanto, W. (2017). Diagnosis and Efforts to Overcome Learning Difficulties in Mathematics with Induced Fit Remedial Teaching Strategy with Participative Learning Approach. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 134 - 141. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i1.12693

References

Askury. (1999) Kesulitan Belajar Matematika Permasalahan dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Matematika dan Pembelajaran,Th.V No. 1 Februari 1999.
Echols, J.M. & Shadily, H. (1987). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Koshland, D. E. (1994). The Key­Lock Theory and the Induced Fit Theory. England: Angew. Chem.Int.Ed.
Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rosdakarya.
Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar Dan Bimbingan terhadap kesulitan belajar khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.
Muryani, S. (2013). Pembelajaran Remedial Berbasis Multimedia Terhadap Siswa yang Melakukan Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri. Jurnal Kependidikan Yogyakarta, Vol 6 No. 1, hlm. 96-103.
Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Rosyidi, A. (2005). Analisis Kesalahan Siswa Kelas II MTs Alkoiriyah dalam Menyelesaikan Soal Cerita Terkait Persamaan Linear Dua Peubah. (Thesis). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Saputra, A. & Suhito (2014). Keefektifan Adaptive Remedial Teaching Strategy Berlatar Pembelajaran Aktif dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Jurusan IPS. Unnes Journal of Mathematics Education, Vol 4 No. 1, hlm.1-10.
Sudjana, N. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya
Sugiyanto. (2007). Diagnosis Kesulitan Belajar (DKB). Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suhito. (1987). Diktat Diagnosis Kesulitan Belajar dan Pengajaran Remedial. Semarang: IKIP Semarang.
Suwatno. (2008). Mengatasi Kesulitan Belajar Melalui Klinik Pembelajaran. Makalah dipresentasikan pada Workshop Evaluasi dan Pengembangan Teaching Klinik, Universitas Negeri Padang, 2128 Januari.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Widdiharto, R. (2008). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remidinya. Yogyakarta: P4TK Matematika.