The Relationship between The Level of Intelligence, Achievement Motivation, Mathematics Learning Habits and Learning Achievement Hubungan antara Tingkat Kecerdasan, Motivasi Berprestasi, dan Kebiasaan Belajar Matematika dengan Prestasi Belajar

Main Article Content

Farkhatu Sikhah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecerdasan dengan prestasi belajar matematika (2) Untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar matematika (3) Untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matematika (4) Untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecerdasan, motivasi berprestasi, dan kebiasaan belajar matematika dengan prestasi belajar matematika siswa semester 1 kelas XI IPA SMAN 1 Bojong. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif sehingga data dianalisa untuk mendeskripsikan hubungan antara tingkat kecerdasan, motivasi berprestasi, dan kebiasaan belajar matematika dengan prestasi belajar matematika siswa. Instrumen pengambilan data menggunakan dokumentasi dan angket, dan dianalisa menggunakan regresi dan korelasi linier sederhana, serta regresi dan korelasi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara : (1) tingkat kecerdasan dengan prestasi belajar matematika siswa, (2) motivasi berprestasi dengan prestasi belajar matematika siswa, (3) kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matematika siswa (4) tingkat kecerdasan, motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar matematika dengan prestasi belajar matematika siswa.


 


The purpose of this study is (1) To determine the relationship between the level of intelligence and academic achievement of mathematics (2) To determine the relationship between achievement motivation and learning achievement in mathematics (3) To determine the relationship between study habits and academic achievement of mathematics (4) To determine the relationship between level of intelligence, achievement motivation and study habits mathematics learning achievement of student mathematics 1st semester of grade XI IPA SMAN 1 Bojong. The number of samples in this study were 40 students.This research was descriptive correlative so data were analyzed to describe the relationship between the level of intelligence, achievement motivation and study habits mathematics with mathematics learning achievement of students. Instrument documentation and data retrieval using a questionnaire and analyzed using simple linear regression and correlation, as well as multiple linear regression and correlation. The results showed that there is a significant relationship between: (1) the level of intelligence with mathematics learning achievement of students, (2) achievement motivation and academic achievement of student mathematics, (3) study habits and academic achievement of student mathematics (4) the level of intelligence, achievement motivation and study habits mathematics with mathematics learning achievement of students.

Article Details

How to Cite
Sikhah, F. (2017). The Relationship between The Level of Intelligence, Achievement Motivation, Mathematics Learning Habits and Learning Achievement. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 108 - 111. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i1.13061
Section
Articles

References

Ahmadi, A. dan Supriyono, W . (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (1999). Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2002). Dasar­dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asih, N. (2002). Pengaruh Tingkat kecemasan dan motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Skripsi FPMIPA IKIP PGRI SEMARANG.
Azwar, S. (2004). Pengantar Psikologi Inteligensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dalyono, M. (1997). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdikbud. (1998). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. (2003). Standar Kompetensi Mata pelajaran matematika. Jakarta.
Dimyati, M. (1989). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Bahri, S. & Zain, A. (1994). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S.B. (2002). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fatmawati. (2003). Hubungan Minat dan Keiasaan Belajar Matematika Siswa. Skripsi. FPMIPA IKIP PGRI SEMARANG.
Hamalik, O. (1992). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Marlia. (2005). Analisis Kebiasaan Belajar Matematika Siswa. Skripsi IKIP PGRI SEMARANG.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS