KEEFEKTIFAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rinta Oktaviani
Hardi Suyitno
Mashuri Mashuri

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan Model­Eliciting Activities berbantuan LKPD terhadap kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis peserta didik kelas VIII pada materi bangun ruang. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Gemolong tahun ajaran 2014/2015 yang sampelnya diambil secara cluster random sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi, metode tes, dan skala sikap. Data dianalisis menggunakan uji proporsi satu pihak, uji ratarata satu pihak, uji perbedaan dua proporsi, uji perbedaan dua rata-rata, dan analisis regresi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran ModelEliciting Activities berbantuan LKPD efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis; (2) Model­Eliciting Activities berbantuan LKPD lebih efektif daripada model pembelajaran langsung terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik; (3) disposisi matematis peserta didik dengan Model­Eliciting Activities berbantuan LKPD lebih baik daripada disposisi matematis peserta didik dengan model pembelajaran langsung; dan (4) disposisi matematis berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis


 


This research was aimed to determine the effectiveness of Model­Eliciting Activities aided worksheet towards grade VIII students’ mathematial communication ability and mathematical disposition in geometry. Population in this research was grade VIII students of JHS 2 Gemolong in academic year 2014/2015 which the samples were taken by cluster random sampling.The research method were taken by documentation method, test method, and attitude scale. Data were analyzed using the proportion test, the average test, the difference of two proportions test, the difference of two average test and regression analysis. Based on the result it were concluded that: (1) Model­Eliciting Activities learning aided worksheet is effective toward mathematical communication ability; (2) Model­Eliciting Activities aided worksheet is more effective than direct instructional model for mathematical communication ability of students; (3) the mathematical disposition of students with a Model­Eliciting Activities aided worksheet is better than the mathematical disposition of students with direct instructional model; and (4) the mathematical disposition effects positively to mathematical communication ability.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Oktaviani, R., Suyitno, H., & Mashuri, M. (2017). KEEFEKTIFAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3), 190 - 198. https://doi.org/10.15294/ujme.v5i3.13443

References

BNSP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP.
Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi matematis Siswa Sekolah Dasar. Journal Edisi Khusus UPI, No. 1:76-89.Tersedia di http://jurnal.upi.edu/file/8-Fachrurazi.pdf [diakses 21-01-2015].
Jazuli, A. 2009. Berfikir Kreatif Dalam Kemampuan Komunikasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Diseminarkan 5 Juli 2009. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Tersedia di http://eprints.uny.ac.id/7025/1/P11-Akhmad%20Jazuli.pdf [diakses 25-08-2015].
Mahmudi, A. 2006. Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Diseminarkan 24 November 2006. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Tersedia di http://core.ac.uk/download/pdf/11064816.pdf [diakses 12-02-2015].
NCTM. 1989. Curriculum and Evaluation. Tersedia di http://www.fayar.net/east/teacher.web/math/Standards/previous/CurrEvStds/evals10.htm [diakses 15-02-2015].
NCTM (National Council of Teacher of Mathematics). 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: Author.
Nurhafsari, A. 2013. Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Eliciting Activities (Meas) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP. Skripsi. FMIPA: Universitas Pendidikan Indonesia. Tersedia di http://repository.upi.edu/9082/6/s_mat_0800478_chapter5.pdf [diakses 11-03-2015].
Permana, Y. 2014. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Model-Eliciting Activities. PPPPTK Teknik Mesin dan Industri. Tersedia di http://www.tedcbandung.com/download/2014/artikel/20140305-YP01-STL01.pdf [diakses 21-05-2015].Rifa’i, A. & C. T. Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.
Syaban, M. 2010. Menumbuhkembangkan Daya dan Disposisi matematis Peserta didik SMA Melalui Model Pembelajaran Investigasi. Educare: Jurnal Pendidikan dan Budaya. Tersedia di http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/EDUCATIONIST/Vol._III_No._2-Juli_2009/08_Mumun_Syaban.pdf [diakses 16-02-2015].
Yu, S. & Chang, C. 2009. What Did Taiwan Mathematics Teachers Think of Model-Eliciting Activities and Modeling?. International Conference on the Teaching of Mathematical Modeling and Applications, ICTMA Vol 14. University of Hamburg, Hamburg.
Yulianti, D.E., Wuryanto, & Darmo. 2013. Keefektifan Model-Eliciting Activities Pada Kemampuan Penalaran Dan Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII Dalam Materi Lingkaran. Unnes Journal of Mathematics Education. 2(1): 16-23. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme [diakses 24-02-2015].

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7