KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DENGAN MICROSOFT POWER POINT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Diana Wahyuning Fitawati
Sugiarto -
Muhammad Kharis

Abstract

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif STAD dengan Microsoft Power Point dapat mencapai ketuntasan belajar dan rata-rata hasil belajarnya lebih baik daripada pembelajaran kooperatif pada materi pokok keliling dan luas segiempat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tunjungan tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri atas tujuh kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen sebesar 80,763 dan kelas kontrol sebesar 76,568. Dari hasil uji ketuntasan belajar dengan uji proporsi satu pihak diperoleh bahwa peserta didik kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar Dari hasil uji perbedaan rata-rata diperoleh thitung=2,338>ttabel=1,993, sehingga H_0 ditolak, berarti rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD dengan Microsoft Power Point lebih baik dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif. Simpulan yang diperoleh adalah rata-rata hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif STAD dengan Microsoft Power Point dapat mencapai ketuntasan belajar dan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif STAD dengan Microsoft Power Point lebih baik daripada rata-rata hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif pada materi pokok keliling dan luas segiempat peserta didik SMP Negeri 1 Tunjungan kelas VII semester 2.

The purpose of this study was to determine whether the STAD cooperative learning with Microsoft Power Point can be reached thoroughness of learning and learning outcomes on average better than cooperative learning in perimeter and area the quadrilateral subject matter. The population in this study were all students of VII SMP Negeri 1 Tunjungan school year 2011/2012 consisting of seven classes. Sampling was done by random sampling. The results showed that the average results of experimental study of students grade class at 80.763 and 76.568 for control. Thoroughness of the test results to learn by trial found that the proportion of the experimental class students have achieved learning thoroughness of the test results mean difference obtained tcount = 2.338> = 1.993 ttable, so that H0 is rejected, then the average of learning outcomes of students who use STAD cooperative learning models with Microsoft Power Point better than average of learning outcomes of students who use cooperative learning model. The conclusions obtained are the average of the learning outcomes by using STAD cooperative learning with Microsoft Power Point can be reached thoroughness of learning and the average of learning outcomes by using STAD cooperative learning with Microsoft Power Point is better than average of learning outcomes by using cooperative learning in perimeter and area of quadrilateral subject matter of SMP Negeri 1 Tunjungan class VII semester 2 learners.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fitawati, D., -, S., & Kharis, M. (2012). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DENGAN MICROSOFT POWER POINT. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v1i1.253

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2