IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TPS PADA MATERI FUNGSI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ylyas Sopyyev
Endang Retno Winarti
Arief Agoestanto

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Think-Pair-Share dan ekpsositori serta menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian eksperimen dilakukan di kelas IX SMP Bilingual Boarding School Semesta dengan variabel hasil belajar dan motivasi belajar yang diperoleh dari test dan angket. Data dianalisis menggunakan uji t dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kedua kelompok mencapai ketuntasan belajar, namun rata-rata hasil belajar dengan model pembelajaran Think-Pair-Share lebih baik dari pada pembelajaran ekpsositori. Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Ylyas Sopyyev, Semarang State University

Mathematics departement

Endang Retno Winarti, Semarang State University

Mathematics departement

Arief Agoestanto, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Sopyyev, Y., Winarti, E., & Agoestanto, A. (2013). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TPS PADA MATERI FUNGSI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i2.3340

References

Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA-University Press.

Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning: Mempraktikan Coperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Suyitno, Amin. 2004. Dasar-Dasar Proses Pembelajaran Matematika, Semarang: FMIPA UNNES.

Suyitno. 2009 Modul Buku Ajar PLPG Guru-guru Matematika Pembelajaran Inovatif. Semarang: Jurusan MIPA Unnes.

Trianto, 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontrukstivisme, Konsep Landasan Teori Praktis dan Implementasinya, Jakarta: Hasil Pustaka Publisher.

Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2