Abstract

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan perangkat pembelajaran
matematika model kooperatif  tipe STAD bermuatan kewirausahaan. Tujuan
penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika model
STAD bermuataan kewirausahaan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalahyang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan menggunakan model
pengembangan Thiagarajan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah
(1) Silabus (2) RPP, (3) Bahan Ajar, (4) LKPD, dan (5) TKPM. Subyek uji coba
adalah peserta didik  kelas XI SMKN 01 Brebes. Data diperoleh dari validasi ahli,
pengamatan pembelajaran, pengamatan aktifitas peserta didik, respon peserta
didik dan TKPM. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji kepraktisan,
dan Uji Efektifitas. Hasil penelitian: 1) perangkat pembelajaran valid dengan skor
silabus = 4,39, RPP = 4,29, Bahan Ajar = 4,37, LKPD = 4,30 dan TKPM = 4,11.
2) perangkat pembelajaran praktis dengan skor pengamatan pembelajaran = 4,94
serta skor respon peserta didik = 3,81. 3) pembelajaran efektif, dengan kriteria
(1) tuntas, (2) nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata kelas
kontrol, (3) ada pengaruh aktifitas peserta didik terhadap kemampuan memecahan
masalah sebesar 55,5% (4) ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah
sebesar 0,44, dan disarankan pembelajaran model kooperatif  tipe STAD bermuatan
kewirausahaan digunakan pada pembelajaran matematika.

Abstract

This research is the development of  cooperative mathematical learning with STAD type
entrepreneurship containing. This study aims to develop learning device with cooperative
matematics learning STAD type and entrepreneurship containing to improving problem
solving ability of  probability of  eleventh years student of  vocational school is valid, practical
and effective. Research model is development Thiagarajan. The device was developed learning
(1) syllabus (2) lesson plan, (3) teaching materials, (4) LKPD, and (5) TKPM. The subject of
the research is eleventh years students of  SMKN 01 Brebes. The Data obtained from expert
validation, observation, was learners response and TKPM. Data analysis techniques used the
validity test, the practicality test and the effective. Results of  the study are: 1) developed learning
aids were valid with syllabus score= 4.39, RPP= 4.29, Teaching Materials= 4.37, LKPD=
4.30 and TKPM= 4.11. 2) the learning is practical with score of  observation learning= 4.94
and students is responses scores= 3.81. 3) the learning effective, the criteria (1) qualified, (2)
the average value of  experiments group is greater than the average value of  control group, (3)
There is an effect of  students activity towords the ability of  solving problems (4) there is an
improvement problem solving ability, and it is recommended to apply cooperative learning
with STAD type entrepreneurship content use in mathematical learning.