Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran matematika yang valid, efektif dan praktis. Pendekatan pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika humanistik berbasis konstruktivisme berbantuan CD pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi: (1) Rencana Pembelajaran, (2) CD Pembelajaran, (3) Lembar Kegiatan Peserta Didik, (4) Petunjuk Guru dan (5) Tes Hasil Belajar pada materi sudut dalam ruang kelas X. Pengembangan dilakukan menggunakan modifikasi model pengembangan perangkat pembelajaran dari Thiagarajan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis diskriptif, uji ketuntasan, uji proporsi, uji pengaruh dan uji banding. Hasil penelitian mendapatkan validasi terhadap perangkat yang dikembangkan dilakukan oleh empat orang ahli dan memperoleh rata-rata skor keseluruhan 3,75 (skor maksimum 4). Hasil validasi ini masuk dalam kategori sangat baik sehingga disimpulkan perangkat yang dihasilkan valid. Uji coba lapangan menghasilkan kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan perangkat yang dikembangkan praktis dan efektif. Kepraktisan pembelajaran dapat dilihat dari: (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada kategori baik sekali dengan rata-rata skor 3,74 (skor maksimum 4), (2) respons positif dari peserta didik, dilihat dari minat peserta didik sebesar 93,1% dan (3) respons positif dari guru, semua perangkat mendapat respons minimal baik. Pembelajaran dikatakan efektif karena: (1) nilai hasil belajar mencapai rata-rata 77,41 dan  ketuntasan individual mencapai 80%; (2) pengaruh aktivitas peserta didik terhadap hasil belajar dengan sebesar 75,8%; (3) nilai hasil belajar kelas uji coba  lebih baik secara signifikan dari kelas kontrol.

 

This study aims to develop the valid, effective, and practical mathematic learning instrument. The learning approach used in this study is humanistic mathematic learning based on constructivism assisted by learning CD.  The developed learning instruments include: (1) lesson plan, (2) learning CD, (3) students’ activity sheet, (4) teacher guideline, and (5) learning test on the subject matter of angle on X grader. The development of the product is conducted by implementing the modification of learning instrument development model by Thia Grajan. Data analyzing technique includes descriptive, passing grade testing, proportion testing, and comparative testing. The result of the study is defined as “very good”, hence it can be concluded that this learning instrument is valid. The field trial testing shows that the learning implementing this instrument is practical and effective. The practicality of the learning can be seen from: (1) the teachers ability in handling the learning on “excellent” with t5he average score of 3,74 (max 4). (2) positive response from the students, seen from the students interest as many as 93,1%, and (3) positive response from the teacher, all instruments get at least in “good” response. The learning is defined “effective” because; (1) the average learning score is 77,41 and individual passing grade achievement is 80%; (2) the impact of students’ activity toward learning result with as many as 75,8%; (3) the score of learning result of experiment class  is significantly better than control .